Home Blog Page 5

Aset Desain : Accounting 3D Icon Pack

0

proyek desain anda akan makin menarik dengan penggunaan 3D icon. Anda bisa dengan mudah mengimplementasikan set icon ini untuk proyek web, pembuatan aplikasi, berbagai macam template desain, atau proyek kreatif lainnya.

Dalam icon pack ini tersedia file transparan PNG yang siap digunakan. Selain itu, disertakan pula source file Blender, file FBX, dan file OBJ. Cukup lengkap buat anda yang menghendaki modifikasi sendiri dari source file-nya.

Untuk aplikasi yang dapat mendukung icon pack ini, secara umum, semua aplikasi grafis dapat mendukungnya. Anda bisa menggunakan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Figma, Adobe InDesign, Affinity Designer, Sketch, atau sejenisnya. Selamat berkarya dan berkreasi dengan Accounting 3D Icon Pack ini. Semoga bermanfaat. Seperti biasa, jangan lupa untuk meninggalkan jejak di kolom komentar ya. ^_^

LINKDOWNLOAD
LINKDOWNLOAD
LINKDOWNLOAD

Aset Desain : Brown Ornamental Vector

0

Kumpulan ornamen yang cocok untuk pembuatan frame, dekorasi, desain logo, desain latar, pattern, post IG, bisnis, sticker, desain cetak, hingga untuk keperluan pembuatan web site. Bahkan, bisa juga dimanfaatkan untuk project-project DIY kreatif yang dikerjakan di rumah secara mandiri atau kelompok.

Aset ornamen ini disediakan dalam format vector dengan file eps, pdf, dan svg. Ada sekitar 17 ornamen yang bisa menjadi pilihan. Mengingat formatnya adalah vector, kita bisa membukanya dengan menggunakan aplikasi desain berbasis vector seperti Adobe Illustrator.

Bagi kawan yang sering membuat desain kreatif atau pun yang masih belajar, kumpulan ornamen ini bisa sangat membantu dalam proses desain kalian. Semoga bermanfaat.

LINKDOWNLOAD
LINKDOWNLOAD
LINKDOWNLOAD

Aset Gambar Bentuk Abstract 3D

0

Koleksi gambar yang beragam bisa memperkaya kreatifitas designer. Kali ini, kami akan membagikan aset gambar bentuk abstract 3D dari Avalon. Aset gambar ini meliputi file png dan gambar contoh pengaplikasiannya.

Gambar abstract 3D Avalon ini merupakan versi rilis yang ke-5. Penggunaanya sangat cocok bagi kawan-kawan yang mengembangkan produk di area website, presentasi produk, dan desain percetakan. Selamat mengunduh, jangan lupa meninggalkan jejak, ya. Terima kasih.

LINKDOWNLOAD
LINKDOWNLOAD
LINKDOWNLOAD

Font Bundle : 259 Koleksi Font untuk Desain

0

Bagi kawan-kawan yang sering berjibaku dengan desain grafis tentu kebutuhan akan font adalah hal yang penting. Semakin kaya font yang kita miliki maka semakin beragam pula rasa tampilan karya yang bisa dihasilkan.

Nah, pada postingan ini, kami berkesempatan membagikan koleksi font yang bisa menjadi tambahan amunisi untuk kawan-kawan designer. Lumayan, ada 250-an font yang siap digunakan. Beberapa font yang ada dalam bundle ini diantaranya : Acoustica, Adrielle, Almonade, Almondita, Amarila, Baguette, Balmonde, Buckley, Castlena, Claytona, Delmona, Florania, Georado, Lavineta, dan masih banyak lagi.

Harapan kami, koleksi font ini bisa bermanfaat. Syukur bila kawan-kawan juga bersedia memberikan saran atau masukan di kolom komentar agar media ini bisa lebih berkembang. Berikut link untuk mengunduh koleksi font :
KOLEKSI FONT
KOLEKSI FONT
KOLEKSI FONT

Aplikasi Vote Sederhana dengan WinForm C#

0

Pada sesi kali ini, kita akan mencoba membawakan aplikasi sederhana untuk vote dengan memanfaatkan konsep dasar dari struktur data. Dalam aplikasi sederhana ini belum memasukkan aspek data base.

Jadi, secara skenario penggunaan aplikasi, user sebelum memberikan suara (voting) perlu login terlebih dahulu, selanjutnya bila login berhasil akan tampil halaman utama yang berisi tiga pilihan gambar. Sebelum melakukan pemilihan, user diminta untuk memasukkan token untuk voting. Setelah itu, baru kemudian user memilih salah satu dari gambar dan menyimpan pilihannya dengan tombol yang tersedia.

Dari segi aspek sistem, token dan pilihan suara dari user akan disimpan masing-masing dalam sebuah queue. Elemen dari dua queue ini bisa disimpan dalam file teks (txt) ketika admin mengklik menu “Home”->”Simpan ke File”.

Dari sisi desain, ada dua form utama yang dibuat. Yakni form login dan form untuk pemberian suara. Adapun form lainnya menyesuaikan dengan menu tambahan yang tersedia. Untuk form login, kita membutuhkan beberapa Label, dua text box dan dua button. Selanjutnya, pada form utama kita memerlukan komponen tiga picture box, tiga radio button, menuStrip, label dan text box.

Sebagai bahan belajar dan latihan, berikut kami sertakan source code untuk aplikasi vote sederhana ini. Untuk catatan, aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Microsoft Visual Studio 2012. Anda dapat mengunduh source code-nya di link ini : SIMPLE VOTE.

Syarh Taqrib Versi Tashawuf

0

(وجلودُ الميتةِ) أي قلوبُ أهلِ الغفلةِ (تطهُر بالدِّباغِ) أي بالذكرِ مع الجهرِ والسؤال وبمُخالفةِ النفسِ كالجُوعِ والسهَر والعُزلةِ والصُّمتِ مع مُصاحبة الصدقِ والإخلاصِ والتخَلِّى من الحَولِ والقوةِ… إلى أن قال: (إلا جلدَ الكلبِ والخنزيرِ) أعنِي أهلَ الكباىٔرِ والمُصِرِّين عليها عبيدَ الدنيا (وما تولَّدَ منهما) من القولِ والفعلِ (أو من أحدِهما) من القولِ والفعلِ أيضًا مع حيوانٍ طاهرٍ من الكباىٔرِ والصغاىٔرِ حالةَ كونِه مُتردِّدا فإنه يُتبع أصلُه.
(وعظمُ الميتةِ) أي القلوبُ الغافلةُ عن ذكرِ اللهِ تعالى (وشعرُها) أي دُنياها (نجسٌ) أي مانعٌ عن رضاءِ اللهِ تعالى (إلا الآدمي) الخالصَ للهِ تعالى فإنه ذاكرٌ ومذكورٌ. ووردَ عن النبي صلى الله عليه وسلم: مثَلُ الذي يذكر ربَّه والذي لا يذكُر ربَّه مثَلُ الحيِّ والميِّتِ. ووردَ: لكلِّ شيءٍ مصقلةٌ ومصقلةُ القلوبِ ذكرُ اللّٰهِ

(Kulit bangkai) artinya hati orang-orang yang lalai mengingat Allah (bisa suci dengan cara disamak) artinya dengan cara berdzikir secara keras, memohon kepada Allah, dan dengan cara melawan hawa nafsu seperti merasakan lapar, tidak tidur di malam hari, menyendiri jauh dari manusia, diam (tidak banyak bicara) disertai dengan kejujuran, keikhlasan, berlepas dari merasa mempunyai daya dan kekuatan… sampai ucapan penulis: (kecuali kulit anjing dan babi) maksudnya adalah para pelaku dosa besar dan yang terus menerus melakukan dosa besar, yaitu para penghamba dunia (dan semua yang terlahir dari keduanya) yang berupa ucapan dan perbuatan (atau dari salah satunya) berupa ucapan dan perbuatan juga, bersama dengan hewan yang suci, yakni pelaku dosa besar dan dosa kecil, dalam kondisi yang masih diragukan, maka dalam hal ini hukumnya mengikuti hewan asalnya.

(Daging bangkai) artinya hati yang lalai dari mengingat Allah ta’ala (dan rambut atau bulunya) artinya rendahnya hati tersebut (hukumnya najis) artinya menghalangi dari mendapatkan ridla Allah ta’ala (kecuali daging dan rambut anak Adam) yang ikhlas hanya karena Allah ta’ala, maka dia adalah orang yang mengingat Allah dan diingat oleh-Nya. Telah sampai khabar dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam: “Perumpamaan orang yang mengingat Tuhannya dan orang yang tidak mengingat Tuhannya seperti orang yang hidup dan yang mati.” Dan telah sampai khabar: “Segala sesuatu ada pengkilatnya, yang bisa mengkilatkan hati adalah mengingat Allah.”
Wallahu a’lam bisshawab.

Sumber: Jawahir al-Iththila’ wa Durar al-Intifa’ ‘ala Matn al-Ashfihani Abi Suka’ karya Syaikh Mustafa bin Yusuf bin Abd. al-Salam al-Syadzili al-Fasi al-Husaini (w. 1401 H), Mathba’ah al-Tadlamun al-Akhawi Mesir, hal. 5.

(KH. Bagus Ahmadi, PP. MIA Putra – Pacet – Moyoketen – Boyolangu – Tulungagung)

Membuat dan Mengisi Stack dalam C#

0

Stack merupakan tipe koleksi dalam struktur data yang mengikuti prinsip Last In First Out (LIFO). Maksud dari prinsip LIFO adalah elemen terakhir yang dimasukkan adalah yang pertama kali dikeluarkan. Operasi mendasar pada stack melibatkan dua operasi, yakni push (untuk menambahkan elemen ke stack) dan pop (untuk mengeluarkan elemen dari stack).

Berikut ini adalah contoh implementasi pembuatan stack dan penambahan elemen stack dengan metode Push(). Stack memungkinkan diisi dengan null dan nilai yang terduplikasi.

using System;
using System.Collections.Generic; // harus disertakan ketika mengimplementasikan stack
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;

namespace _2023_11_27_stack
{
class Program
{ //SOURCE CODE 0038
static void Main(string[] args)
{
Console.WriteLine("==============================================");
Console.WriteLine(" BELAJAR STACK - ELFAY ");
Console.WriteLine("==============================================");

//membuat stack dengan tipe data koleksi int
Stack<int> myStack = new Stack<int>();

//membuat stack dengan tipe data koleksi string
Stack<string> strStack = new Stack<string>();

//menambahkan elemen angka ke dalam stack "myStack"
myStack.Push(1);
myStack.Push(2);
myStack.Push(3);
myStack.Push(4);

//menambahkan elemen string ke dalam stack "strStack"
strStack.Push("kerupuk wahing");
strStack.Push("sambel kacang");
strStack.Push("tahu");
strStack.Push("melon");
strStack.Push("mentimun");
strStack.Push("nanas");
strStack.Push("mangga");
strStack.Push("jambu");
strStack.Push("es teh");

Console.WriteLine();

//menampilkan elemen dalam stack "myStack"
foreach (var abc in myStack)
{
Console.Write(abc + " | ");
}

//menampilkan elemen dalam stack "strStack"
Console.WriteLine("\n");
foreach (var item in strStack)
{
Console.Write(item + " | ");
}

Console.ReadKey();

}
}
}


Selain dengan cara di atas, kita juga bisa memasukkan elemen-elemen array ke dalam stack. Dengan kata lain, membuat stack dari array. Adapun contohnya dapat dilihat pada source code berikut :

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;

namespace _2023_11_27_arraytostack
{
class Program
{ //SOURCE CODE 0039
static void Main(string[] args)
{
Console.WriteLine("==============================================");
Console.WriteLine(" MEMASUKKAN ARRAY KE STACK - ELFAY ");
Console.WriteLine("==============================================");

int[] arr = new int[] { 100, 212, 314, 48, 19 };
Stack<int> myStack = new Stack<int>(arr);


Console.WriteLine();

foreach (var abc in myStack)
{
Console.Write(abc + " | ");
}


Console.ReadKey();
}
}
}

 

Karakter Password dalam C# Console

0

Adakalanya ketika kita membuat aplikasi berbasis console di C#, kita ingin menerapkan inputan username dan password. Nah, jamaknya penulisan password, tentunya karakternya tidak dimunculkan sebagaimana aslinya atau biasanya hanya tampil dalam bentuk karakter seperti (*). Hal demikian diistilahkan dengan character masking.

Lalu, bagaimana kita membuatnya dalam C# console ? Cukup mudah ternyata kawan. Tinggal amati dan uji coba source code di bawah ini. Bagi kawan yang terbiasa main programming, pasti sangat paham dengan melihat alurnya saja. Sebagai catatan, untuk uji coba code ini, kami menggunakan Visual Studio 2012.

static void Main(string[] args)
{
Console.WriteLine("################################################################");
Console.WriteLine(" CONTOH INPUT PASSWORD DENGAN MASKING ");
Console.WriteLine("################################################################");
Console.Write("Masukkan username: ");
string username = Console.ReadLine();
string password = "";
Console.Write("Masukkan password: ");
ConsoleKeyInfo keyInfo;

do
{
keyInfo = Console.ReadKey(true);
// Skip bila yang ditekan adalah Backspace atau Enter
if (keyInfo.Key != ConsoleKey.Backspace && keyInfo.Key != ConsoleKey.Enter)
{
password += keyInfo.KeyChar;
Console.Write("*");
}
else
{
if (keyInfo.Key == ConsoleKey.Backspace && password.Length > 0)
{
// Hapus karakter terakhir bila Backspace ditekan
password = password.Substring(0, (password.Length - 1));
Console.Write("\b \b");
}
}
}
// Stop pembacaan password bila tombol ENTER ditekan
while (keyInfo.Key != ConsoleKey.Enter);
Console.WriteLine();
Console.WriteLine("----------------------------------------------------------------");
Console.WriteLine("Selamat datang, " + username.ToUpper() + "!");
Console.WriteLine("Password anda : " + password);

Console.ReadKey();
}

Array dalam C#

0

Array adalah variabel yang dapat digunakan untuk menampung banyak nilai. Dari pada membuat deklarasi variable satu-satu untuk menyimpan beberapa nilai sejenis, kita bisa menghimpun nilai-nilai tersebut dalam sebuah variable array.

Misalkan, kita memiliki beberapa nilai yakni 77, 79, 80, 85, dan 90. Kita ingin semua nilai tersebut tersimpan. Nah, dengan cara-cara sebelum mengenal array, kita pastinya akan mendeklarasikan varibel dulu kemudian memasukkan nilai tersebut ke variable masing-masing.

int angka01, angka02, angka03, angka04, angka05;
angka01 = 77;
angka02 = 79;
angka03 = 80;
angka04 = 85;
angka05 = 90;

Cara di atas, tentunya merepotkan, apalagi bila jumlah data yang terlibat lebih banyak. Solusinya adalah dengan menggunakan array. Dengan array, deklarasi variable dan inisiasi nilai ke dalam variable akan lebih mudah dan lebih sederhana.

Membuat Array

Untuk mendeklarasikan sebuah array, kita cukup menambahkan tanda [] (square brackets) setelah tipe data variabel. Misalnya kita akan membuat variabel array bernama ‘mobil’ bertipe string maka cara deklarasinya :

string[] mobil;

Dengan deklarasi di atas, artinya kita telah membuat variabel ‘mobil’ yang bisa menyimpan beberapa string. Adapun cara memberikan nilai ke dalam array mobil adalah sebagai berikut :

string[] mobil={"Hyundai","Toyota","Daihatsu","Honda","Mitsubishi","Suzuki","Wuling"};

Contoh yang lain :

int[] nilaiSiswa = {80, 79, 85, 82, 88, 90, 75};
double suhu = {32.5, 33.3, 36.0, 36.05, 36.4};

Mengakses Elemen Array

Kita dapat mengakses elemen array dengan cara mereferensikan nomor index-nya. Perlu diketahui, index array dimulai dari 0. Pada kasus array mobil sebelumnya, elemen ‘Hyundai’ merupakan index ke-0, elemen ‘Toyota’ adalah index ke-1, elemen ‘Daihatsu’ adalah index ke-2, dan seterusnya. Berikut contoh pengaksesan elemen array mobil dengan tujuan menampilkani elemen ‘Mitsubishi’ ke layar.

string[]mobil={"Hyundai","Toyota","Daihatsu","Honda","Mitsubishi","Suzuki","Wuling"};
Console.WriteLine(mobil[4]);
//Output yang dihasilkan : Mitsubishi

Adakalanya, kita juga ingin mengubah nilai dari elemen array tertentu. Caranya hampir sama, cukup kita tuliskan index ke berapa yang akan diganti.

mobil[4] = "Audi";

Maka, sekarang, index ke-4 pada array mobil sudah berubah dari “Mitsubishi” diganti menjadi “Audi”. Untuk tambahan, bila kita ingin mengetahui panjang dari sebuah array, kita cukup menuliskan code berikut (studi kasus array mobil):

Console.WriteLine(mobil.Length);

Sampai di sini, kita telah mengetahui bagaimana cara mendeklarasikan array, mengakses elemen array, dan mengganti elemen array. Selain cara deklarasi di atas, ternyata ada beberapa cara untuk membuat dan mengisi array dalam C#. Berikut ini adalah contoh-contoh deklarasi array yang juga digunakan dalam lingkungan C# :

string[] mobil = new string[7];

string[] mobil = new string[7] {"Hyundai","Toyota","Daihatsu","Honda","Mitsubishi","Suzuki","Wuling"};

string[] mobil = new string[] {"Hyundai","Toyota","Daihatsu","Honda","Mitsubishi","Suzuki","Wuling"};

string[] mobil = {"Hyundai","Toyota","Daihatsu","Honda","Mitsubishi","Suzuki","Wuling"};

Source code program :

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;


namespace _2023_11_06_array_
{
    class Program
    {
        static void Main(string[] args)
        {

            string[] mobil ={"Hyundai","Toyota","Daihatsu","Honda","Mitsubishi","Suzuki","Wuling"};

            Console.WriteLine(mobil[4]); //Menampilkan indeks ke-4

            Console.WriteLine(mobil.Length); //Menampilkan panjang array

            Console.ReadKey();
        }
    }
}

Meneruskan Nilai Radio Button ke Message Box dalam Java

0

Pada artikel ini kita akan belajar bagaimana menampilkan pilihan pada radio button yang terpilih pada tampilan pesan Message Box. Skenarionya, user menandai pilihan yang dikehendaki pada radio button yang tersedia kemudian mengklik button yang ada. Selanjutnya, muncul Message Box dengan teks pilihan yang dikehendaki tadi.

NetBeans yang kami gunakan adalah versi 12.1. Langkah pertama, silakan buat project baru. Setelah berhasil membuat project dan package muncul, kita tambahkan JFrame Form untuk ruang desain GUI. Gambaran tampilan yang kita buat adalah sebagaimana gambar di bawah ini.

Ada tiga radio button dengan label masing-masing ITS, UNIBRAW, dan UM, ditambah dengan satu button berlabel “KLIK”. Dalam kasus di sini, radio button berlabel “ITS” adalah jRadioButton1, radio button berlabel “UNIBRAW” adalah jRadioButton2, dan radio button berlabel “UM” adalah jRadioButton3. Adapun untuk button KLIK di sini bernama jButton1.

Selanjutnya, double click jRadioButton1 dan sesuaikan dengan kode berikut :

private void jRadioButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                             

        // TODO add your handling code here:

        if(jRadioButton1.isSelected()){

        jRadioButton2.setSelected(false);

        jRadioButton3.setSelected(false);

       }

      }     

Begitu pula dengan jRadioButton2, double click dan sesuaikan dengan kode berikut ini :

private void jRadioButton2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                              

        // TODO add your handling code here:

        if(jRadioButton2.isSelected()){

        jRadioButton1.setSelected(false);

        jRadioButton3.setSelected(false);

        }

    }        

Untuk jRadioButton3, juga disesuaikan dengan kode di bawah :

private void jRadioButton3ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                             

        // TODO add your handling code here:

         if(jRadioButton3.isSelected()){

         jRadioButton1.setSelected(false);

        jRadioButton2.setSelected(false);

        }

    }     

Setelah semua radio button terisi dengan kode, langkah berikutnya adalah mengisi button KLIK dengan kode agar bisa menampilkan Message Box. Caranya, double click jButton1 dan sesuaikan dengan kode di bawah ini :

private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        

        // TODO add your handling code here:

       

        if(jRadioButton1.isSelected()){

        JOptionPane.showMessageDialog(null,"Anda memilih "

      + jRadioButton1.getText());

        }

        else if(jRadioButton2.isSelected()){

        JOptionPane.showMessageDialog(null,"Anda memilih "

      + jRadioButton2.getText());

        }

        else if(jRadioButton3.isSelected()){

        JOptionPane.showMessageDialog(null,"Anda memilih "

      + jRadioButton3.getText());

        }

        else {

        JOptionPane.showMessageDialog(null,"INVALID");

        }

    }                  

Hal penting, jangan lupa untuk memasangkan script “import javax.swing.JOptionPane;” di bagian atas (bisa di bawah ekspresi code “package com.hisantara.proapp;”) agar Message Box bisa tampil. Sampai di sini, project kita sudah siap untuk dijalankan. Selamat mencoba.

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Recent Posts