Wednesday, December 10, 2025
Home Blog Page 3

Inheritance – C#

0

Inheritance (pewarisan) dalam C# adalah fitur yang memungkinkan kita membuat kelas baru yang dapat menggunakan kembali, memperluas, dan memodifikasi perilaku yang sudah ditentukan di dalam kelas yang sudah ada. Dalam konsep ini, kita memiliki kelas dasar (parent class atau base class) yang menyediakan atribut dan metode. Kemudian, kita dapat membuat kelas turunan (child class) yang mewarisi sifat-sifat dari kelas dasar.

Contohnya, jika kita memiliki kelas “Hewan” sebagai kelas dasar, kita dapat membuat kelas turunan seperti “Kucing” atau “Anjing” yang mewarisi sifat-sifat umum dari kelas “Hewan” tanpa perlu menulis ulang kode yang sama.

Berikut adalah langkah-langkah umum penggunaan warisan dalam C#:

1. Mendefinisikan kelas dasar dengan menggunakan kata kunci class.
2. Membuat kelas turunan dengan menggunakan kata kunci class diikuti dengan nama kelas turunan dan kata kunci :, diikuti dengan nama kelas dasar.

// Contoh kelas dasar
class Hewan
{
    public void Bernapas()
    {
        Console.WriteLine("Hewan ini sedang bernapas");
    }
}

// Contoh kelas turunan
class Kucing : Hewan
{
    public void Bersuara()
    {
        Console.WriteLine("Meow!");
    }
}

Dalam contoh ini, kelas Kucing mewarisi metode Bernapas dari kelas Hewan.

Penggunaan warisan memungkinkan struktur kode yang lebih terstruktur dan memudahkan pengelolaan serta pengembangan program.

3D Stars Ornament Icon Pack

0

A

pakah Anda menghendaki sentuhan kosmis pada proyek, presentasi, atau karya kreatif Anda? Maka, jangan lewatkan sentuhan desain Anda dengan 3D Stars Icon Pack. Dengan 20 aset 3D yang unik, berkas .PNG, .BLEND, .OBJ, dan .FBX, serta gambar PNG beresolusi tinggi (3000 x 3000 px), ikon-ikon ini siap untuk menambahkan nuansa keajaiban kosmik pada desain Anda.

Fitur:
20 Aset 3D yang berbeda
20 berkas .PNG
20 berkas .BLEND
20 berkas .OBJ
20 berkas .FBX
Gambar PNG Beresolusi Tinggi (3000 x 3000 px)

Dengan kemampuan untuk disesuaikan dengan mudah dalam Blender, Anda dapat mengintegrasikan ikon-ikon ini dengan estetika desain Anda secara maksimal. Setiap ikon dalam 3D Stars Icon Pack menangkap esensi keindahan kosmik. Apakah Anda ingin mendesain dengan tema langit atau menambahkan sentuhan magis kosmik pada proyek Anda, paket ikon ini adalah perpaduan brilian antara kreativitas dan keanggunan.

DOWNLOADLINK
DOWNLOADLINK
DOWNLOADLINK

Amalan Bulan Rajab, Sya’ban dan Ramadlan

0

فائدةٌ : عن بعضِ الأفاضِلِ أنَّه قال: مَن قالَ في شهرِ رجب وشعبانَ ورمضانَ كلَّ يومٍ بينَ العَصرِ والمغربِ “أستَغفِرُ اللّٰهَ العظيمَ الَّذي لا إلٰهَ إلاَّ هو الحَيُّ القَيُّومُ غفَّارُ الذُّنُوبِ وستَّارُ العُيُوبِ وأتُوبُ إلَيهِ تَوبَةَ عَبدٍ ظالِمٍ لِنَفسِه لا يَملِكُ ضرًّا ولا نَفْعًا ولا مَوتًا ولاحَياةً ولا نُشُورًا” أوحَى اللّٰهُ تَعالى إلَى المَلَكَينِ المُوَكَّلَينِ به أن خَرَقَا صَحِيفَةَ ذُنُوبِه وخَطايَاهُ

(Faedah) Diriwayatkan dari sebagian manusia utama bahwa beliau berkata: “Barangsiapa setiap hari diwaktu antara ashar dan maghrib pada bulan Rajab, Sya’ban dan Ramadlan mengucapkan:

أستَغفِرُ اللّٰهَ العظيمَ الَّذي لا إلٰهَ إلاَّ هو الحَيُّ القَيُّومُ غفَّارُ الذُّنُوبِ وستَّارُ العُيُوبِ وأتُوبُ إلَيهِ تَوبَةَ عَبدٍ ظالِمٍ لِنَفسِه لا يَملِكُ ضرًّا ولا نَفْعًا ولا مَوتًا ولاحَياةً ولا نُشُورًا

“Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Agung yang tiada Tuhan selain-Nya, Yang Maha Hidup dan Maha Mandiri, Maha Pengampun segala dosa, Maha Penutup segala cela, Aku bertaubat kepada-Nya sebagaimana taubatnya hamba yang menganiaya dirinya sendiri, yang tidak memiliki kemampuan mencelakai dan memberi manfaat, tidak memiliki kematian dan kehidupan dan bangkit dari kubur”.

Maka Allah ta’ala mewahyukan kepada dua malaikat yang ditugasi menjaganya agar keduanya menyobek lembaran catatan dosa-dosa dan kesalahannya”.
Wallahu a’lam bisshawab.

Sumber: Dlau’ al-Siraj fi Fadl Rajab wa Qishshah al-Mi’raj karya al-Syaikh Muhammad Amin al-Kurdi al-Syafi’i al-Naqsyabandi, Al-Maktabah al-Qandaniyyah, hal. 9.

(KH. Bagus Ahmadi, PP. MIA Putra – Pacet – Moyoketen – Boyolangu – Tulungagung)

Properties dalam C#

0

D

alam bahasa pemrograman C#, properti adalah cara untuk mengakses dan memanipulasi nilai dari bidang (field) dalam sebuah kelas. Properti memberikan kontrol atas bagaimana nilai-nilai tersebut diakses, validasi, dan diubah.

Penggunaan Properti:

  • Akses Nilai: Properti memungkinkan kita untuk mengakses nilai bidang (field) dalam sebuah objek. Kita dapat membaca nilainya (get) atau mengubah nilainya (set). Dengan properti, kita dapat membatasi akses langsung ke bidang (field) dan melindungi data dari manipulasi yang tidak diinginkan.
  • Validasi Nilai: Properti memungkinkan kita untuk melakukan validasi terhadap nilai yang diatur atau diubah. Kita dapat menambahkan logika dalam metode get dan set untuk memeriksa apakah nilai yang diberikan sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

Pengaturan Akses: Properti memungkinkan kita untuk mengatur tingkat akses ke bidang (field) yang terkait. Dengan menggunakan kata kunci public, private, atau protected, kita dapat mengontrol bagaimana bidang (field) dapat diakses dari luar kelas.

Contoh Penggunaan Properti:

// Contoh kelas dengan properti
class Person
{
private string name;
private int age;

// Properti untuk mengakses dan mengubah nilai name
public string Name
{
get { return name; }
set { name = value; }
}

// Properti untuk mengakses dan mengubah nilai age
public int Age
{
get { return age; }
set { age = value >= 0 ? value : 0; }
}
}

// Membuat objek dan mengakses properti
Person person = new Person();
person.Name = "John Doe"; // Mengubah nilai properti Name
person.Age = -25; // Mengubah nilai properti Age (akan diubah menjadi 0 karena validasi)
string name = person.Name; // Mendapatkan nilai properti Name
int age = person.Age; // Mendapatkan nilai properti Age (akan mengembalikan 0 karena validasi)

Dalam contoh di atas, kita memiliki kelas Person dengan properti Name dan Age. Properti Name memiliki metode get dan set yang memungkinkan kita untuk mengakses dan mengubah nilai name. Properti Age juga memiliki metode get dan set, tetapi juga melakukan validasi untuk memastikan bahwa nilai age selalu non-negatif.

Dengan menggunakan properti, kita dapat mengontrol akses dan manipulasi data dalam kelas. Ini membantu dalam menjaga keamanan dan kekonsistenan data, serta memberikan fleksibilitas dalam validasi nilai.

Contoh source code untuk berlatih properties C# :

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;

namespace _2024_01_23_properties
{
//SOURCE CODE 0056
class Nasabah {
private string nik;
private string nama;

public string Nik {
get { return nik; }
set { nik = value; }
}

public string Nama {
get { return nama; }
set { nama = value; }
}


public void identitas() {
Console.WriteLine("============================================");
Console.WriteLine(" Properties - Elfay ");
Console.WriteLine("============================================");

}

}
class Program
{
static void Main(string[] args)
{

Nasabah pelanggan = new Nasabah();
pelanggan.Nik = "340330280719760004";
pelanggan.Nama = "Darmo Sasono";

pelanggan.identitas();
Console.WriteLine("NIK : " + pelanggan.Nik);
Console.WriteLine("Nama : " + pelanggan.Nama);


Console.ReadKey();

}
}
}

 

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;

namespace _2024_01_23_AA
{
//SOURCE CODE 0057
class Nasabah
{
private string nik;
private string nama;
private string no_rek;

public string Nik
{
get { return nik; }
set { nik = value; }
}

public string Nama
{
get { return nama; }
set { nama = value; }
}

public string No_rek
{
get { return no_rek; }
set { no_rek = value; }
}

public void identitas()
{
Console.WriteLine("============================================");
Console.WriteLine(" Properties - Elfay ");
Console.WriteLine("============================================");

}

}


class Transaksi {
public double jumlah;
public string status;
private string rek;
private string tanggal;

public string Rek{
get { return rek; }
set { rek = value; }
}

public string Tanggal {
get { return tanggal; }
set { tanggal = value; }

}

}

class Bank {
public string namaBank;
public int kodeBank;

public Bank(string bb, int kk) { //constructor
namaBank = bb;
kodeBank = kk;
}

}



class Program
{
static void Main(string[] args)
{
Bank banknya = new Bank("Bank Sasana", 6974);
Nasabah pelanggan = new Nasabah();
Transaksi kirim01 = new Transaksi();

pelanggan.Nik = "340330280719760004";
pelanggan.Nama = "Darmo Sasono";
pelanggan.No_rek = "78335343432435";

kirim01.jumlah = 5000000;
kirim01.status = "sukses";
kirim01.Rek = "983482364";
kirim01.Tanggal = "22 Januari 2024";

pelanggan.identitas();
Console.WriteLine(banknya.kodeBank + " | " + banknya.namaBank);
Console.WriteLine("NIK : " + pelanggan.Nik);
Console.WriteLine("Nama : " + pelanggan.Nama);
Console.WriteLine("No. Rekening : " + pelanggan.No_rek);

Console.WriteLine("Data Transaksi : ");
Console.WriteLine("Jumlah : " + kirim01.jumlah);
Console.WriteLine("Status : " + kirim01.status);
Console.WriteLine("Rekening Tujuan : " + kirim01.Rek);
Console.WriteLine("Tanggal Transaksi : " + kirim01.Tanggal);

Console.ReadKey();

}
}
}

 

 

 

Konstruktor dalam C#

0

K

onstruktor dalam C# adalah metode khusus yang dipanggil ketika sebuah kelas atau struktur dibuat. Konstruktor digunakan untuk mengatur nilai default, membatasi instansiasi, dan menulis kode yang fleksibel dan mudah dibaca.

Penggunaan Konstruktor:

  • Mengatur nilai default: Konstruktor dapat digunakan untuk menginisialisasi nilai default untuk properti dan variabel dalam kelas.
  • Membatasi instansiasi: Konstruktor dapat digunakan untuk menerapkan logika yang membatasi cara sebuah objek dapat dibuat. Misalnya, konstruktor dapat memeriksa argumen yang diberikan saat membuat objek dan mengambil tindakan berdasarkan kondisi tersebut.
  • Menulis kode yang fleksibel dan mudah dibaca: Dengan menggunakan konstruktor, Anda dapat mengatur kode yang lebih mudah dibaca dan dipahami oleh pengembang lain yang menggunakan kelas Anda.

Contoh Penggunaan Konstruktor:

// Contoh kelas dengan konstruktor
class Person
{
    private string name;
    private int age;


    // Konstruktor dengan parameter
    public Person(string name, int age)
    {
        this.name = name;
        this.age = age;
    }

    // Metode untuk mendapatkan nama dan usia
    public string GetName()
    {
        return name;
    }

    public int GetAge()
    {
       return age;
    }
}


// Membuat objek menggunakan konstruktor
Person person = new Person("John Doe", 25);
string name = person.GetName(); // Mengembalikan "John Doe"
int age = person.GetAge(); // Mengembalikan 25

Dalam contoh di atas, kita memiliki kelas Person dengan konstruktor yang menerima dua parameter, yaitu name (nama) dan age (usia). Ketika objek Person dibuat menggunakan konstruktor, nilai name dan age diinisialisasi sesuai dengan argumen yang diberikan. Kemudian, kita dapat menggunakan metode GetName() dan GetAge() untuk mendapatkan nilai yang diatur dalam konstruktor.

Konstruktor sangat berguna dalam menginisialisasi objek dan mengatur nilai default. Mereka memungkinkan Anda untuk mengontrol proses pembuatan objek dan memastikan bahwa objek dibuat dengan benar.

Di bawah ini beberapa contoh source code untuk latihan constructor, dibuat dengan Microsoft Visual Studio 2010.

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;

namespace _2024_01_22_xrpla
{
//SOURCE CODE 0053
class Bank
{
public string bankName; //field

public Bank() { //Constructor
bankName = "BRI"; 
}

public void namaSaya() {
Console.WriteLine(" ELFAY ");
}

static void Main(string[] args)
{
Bank bankAA = new Bank();
bankAA.namaSaya();
Console.Write(bankAA.bankName);

Console.ReadKey();
}
}
}
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;

namespace _2024_01_22_AA
{
//SOURCE CODE 0054
class Nasabah
{
public string nik;
public string nama;
public string alamat;
public int pin;

public Nasabah() {
nik = "35031023112001004";
nama = "Sandi Arga Sujiwa";
alamat = "Jl. Karangkates, Megahsari, Kutai";
pin = 778102;
}

public void myIndentity() {
Console.WriteLine("===================================");
Console.WriteLine(" CONSTRUCTOR - ELFAY ");
Console.WriteLine("===================================");
}


static void Main(string[] args)
{
Nasabah client01 = new Nasabah();
client01.myIndentity();
Console.WriteLine(client01.nik);
Console.WriteLine(client01.nama);
Console.WriteLine(client01.alamat);
Console.WriteLine(client01.pin);

Console.ReadKey();

}
}
}
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;

namespace _2024_01_22_AB
{
//SOURCE CODE 0055
class Nasabah
{
public string nik;
public string nama;
public string alamat;
public int pin;

//constructor dengan parameter
public Nasabah(string aa, string bb, string cc, int dd)
{
nik = aa;
nama = bb;
alamat = cc;
pin = dd;
}

public void myIndentity()
{
Console.WriteLine("===================================");
Console.WriteLine(" CONSTRUCTOR - ELFAY ");
Console.WriteLine("===================================");
}


static void Main(string[] args)
{
Nasabah client01 = new Nasabah("35031023112001004", "Sandi Arga Sujiwa", "Jl. Karangkates, Megahsari, Kutai", 778102);
client01.myIndentity();
Console.WriteLine(client01.nik);
Console.WriteLine(client01.nama);
Console.WriteLine(client01.alamat);
Console.WriteLine(client01.pin);

Console.ReadKey();

}
}
}

Tangis Baginda Nabi saat Mengetahui Mayit yang Disiksa

0

حكي عن ثوبان انه قال كنا مع النبي عليه الصلاة والسلام فمررنا بمقبرة فوقف عليه الصلاة والسلام فبكى بكاء شديدا ثم دعا الله فقلت له لم بكيت يا رسول الله فقال يا ثوبان هؤلاء يعذبون في قبورهم ودعوت لهم فخفف الله عنهم العذاب. ثم قال عليه الصلاة والسلام. يا ثوبان لوصام هؤلاء يوما من رجب وماناموا منه ليلة ما عذبوا في قبو رهم. فقلت يارسول الله. اصوم يوم وقيام ليلة منه يمنع عذاب القبر؟ قال عليه الصلاة والسلام. ياثوبان والذي بعثني بالحق نبيا ما من مسلم ومسلمة يصوم يوما ويقوم ليلة من رجب يريد بهما وجه الله الا كتب الله له عبادة سنة صام نهارها وقام ليالها

Diceritakan dari Tsauban bahwa ia berkata, kami bersama nabi SAW. Lalu kami melewati sebuah kuburan, dan sampai di kuburan itu Nabi pun menangis sangat keras, lalu berdoa kepada Allah, kami pun bertanya kepada Nabi, mengapa kamu menangis yaa Rasulullah?

Nabi menjawab: mereka di siksa di dalam kuburnya, dan saya doakan mereka lalu Allah meringankan siksa mereka. Kemudian Nabi SAW berkata: wahai Tsauban, seandainya mereka berpuasa satu hari di bulan Rajab dan tidak tidur satu malam saja di bulan Rajab, niscaya tidak akan di siksa di dalam kuburnya.

Lalu saya bertanya: wahai Rasulullah, apakah puasa satu hari, tidak tidur satu malam di bulan Rajab bisa mencegah siksa kubur? Nabi menjawab: wahai Tsauban, demi Dzat yg mengutusku sebagai Nabi dengan haq, tidak ada dari seorang Islam laki- laki atau pun perempuan yang berpuasa satu hari dan qiyamul lail satu malam di bulan Rajab dengan mengharap ridho Allah kecuali Allah mencatat baginya ibadah satu tahun, siangnya berpuasa dan malamnya munajat kepada Allah.

(Rujukan : Kitab Durrotun Nashihin – Syaikh Utsman Al-Khaubawy, Hal. 44)

Kalender Bulan Rajab 1445 H/2024 Masehi:
1 Rajab 1445 H = 13 Januari 2024 (Sabtu)
2 Rajab 1445 H = 14 Januari 2024 (Minggu)
3 Rajab 1445 H = 15 Januari 2024 (Senin)
4 Rajab 1445 H = 16 Januari 2024 (Selasa)
5 Rajab 1445 H = 17 Januari 2024 (Rabu)
6 Rajab 1445 H = 18 Januari 2024 (Kamis)
7 Rajab 1445 H = 19 Januari 2024 (Jumat)
8 Rajab 1445 H = 20 Januari 2024 (Sabtu)
9 Rajab 1445 H = 21 Januari 2024 (Minggu)
10 Rajab 1445 H = 22 Januari 2024 (Senin)
11 Rajab 1445 H = 23 Januari 2024 (Selasa)
12 Rajab 1445 H = 24 Januari 2024 (Rabu)
13 Rajab 1445 H = 25 Januari 2024 (Kamis)
14 Rajab 1445 H = 26 Januari 2024 (Jumat)
15 Rajab 1445 H = 27 Januari 2024 (Sabtu)
16 Rajab 1445 H = 28 Januari 2024 (Minggu)
17 Rajab 1445 H = 29 Januari 2024 (Senin)
18 Rajab 1445 H = 30 Januari 2024 (Selasa)
19 Rajab 1445 H = 31 Januari 2024 (Rabu)
20 Rajab 1445 H = 1 Februari 2024 (Kamis)
21 Rajab 1445 H = 2 Februari 2024 (Jumat)
22 Rajab 1445 H = 3 Februari 2024 (Sabtu)
23 Rajab 1445 H = 4 Februari 2024 (Minggu)
24 Rajab 1445 H = 5 Februari 2024 (Senin)
25 Rajab 1445 H = 6 Februari 2024 (Selasa)
26 Rajab 1445 H = 7 Februari 2024 (Rabu)
27 Rajab 1445 H = 8 Februari 2024 (Kamis)
28 Rajab 1445 H = 9 Februari 2024 (Jumat)
29 Rajab 1445 H = 10 Februari 2024 (Sabtu)

Mengapa PostgreSQL Lebih Unggul daripada MySQL?

0

Ketika kita hendak memilih sistem manajemen basis data relasional (RDBMS), dua nama yang sering muncul adalah PostgreSQL dan MySQL. Meskipun keduanya adalah RDBMS yang populer, PostgreSQL memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya lebih unggul daripada MySQL. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa PostgreSQL dapat dianggap sebagai pilihan yang lebih baik daripada MySQL.

  1. Kemampuan dan Dukungan Standar: PostgreSQL memiliki dukungan yang lebih baik terhadap standar SQL. PostgreSQL mematuhi standar ANSI SQL dan menawarkan berbagai fitur yang kuat dan lengkap. Tidak hanya itu, PostgreSQL juga memiliki fitur-fitur lanjutan seperti subquery, join kompleks, tipe data kustom, dan fungsi-fungsi yang rumit. MySQL, di sisi lain, memiliki dukungan yang lebih terbatas terhadap standar SQL dan beberapa fitur mungkin tidak tersedia secara bawaan.
  2. Skalabilitas dan Kinerja: PostgreSQL dirancang untuk menangani beban kerja yang berat dan mampu mengelola aplikasi dengan jutaan atau bahkan miliaran baris data. PostgreSQL memiliki kemampuan yang baik dalam mengoptimalkan query dan menyediakan indeks yang canggih, memberikan kinerja yang tinggi dalam mengolah data. MySQL, meskipun juga memiliki kinerja yang baik, mungkin menghadapi beberapa kendala dalam penanganan beban kerja yang sangat besar.
  3. Keamanan dan Reliabilitas: PostgreSQL menempatkan keamanan sebagai prioritas utama. PostgreSQL menyediakan fitur-fitur seperti autentikasi pengguna yang fleksibel, enkripsi data, pengaturan hak akses yang terperinci, dan logging yang lengkap untuk pemantauan dan audit. MySQL, meskipun memiliki beberapa fitur keamanan, tidak sekuat PostgreSQL dalam hal ini.
  4. Konsistensi dan Integritas Data: PostgreSQL mematuhi prinsip ACID (Atomicity, Consistency, Isolation, Durability) yang menjamin konsistensi dan integritas data. PostgreSQL mendukung transaksi yang aman, memastikan bahwa operasi pengolahan data dilakukan dengan benar dan data tetap konsisten. MySQL, di sisi lain, mungkin memiliki beberapa kendala dalam menjaga konsistensi data terutama dalam situasi yang kompleks dan beragam.
  5. Ekosistem dan Fitur Tambahan: PostgreSQL memiliki ekosistem yang kuat dan aktif dengan banyak alat dan ekstensi yang dikembangkan oleh komunitas pengguna. Ekstensi seperti PostGIS untuk data geografis, TimescaleDB untuk data deret waktu, dan Citus untuk skala horizontal adalah contoh dari fitur-fitur tambahan yang populer di PostgreSQL. MySQL juga memiliki ekosistem yang kuat, tetapi PostgreSQL menawarkan lebih banyak fitur tambahan yang dapat digunakan untuk kebutuhan khusus.

PostgreSQL Lebih Fleksibel

PostgreSQL lebih fleksibel daripada MySQL dalam beberapa aspek. PostgreSQL menawarkan dukungan yang lebih baik terhadap standar SQL, termasuk fitur-fitur lanjutan seperti subquery, join kompleks, tipe data kustom, dan fungsi-fungsi yang rumit. Selain itu, PostgreSQL dirancang untuk menangani beban kerja yang berat dan mampu mengelola aplikasi dengan jutaan atau bahkan miliaran baris data, memberikan kinerja yang tinggi dalam mengolah data.

PostgreSQL juga menempatkan keamanan sebagai prioritas utama dengan fitur-fitur seperti autentikasi pengguna yang fleksibel, enkripsi data, pengaturan hak akses yang terperinci, dan logging yang lengkap untuk pemantauan dan audit. Selain itu, PostgreSQL mematuhi prinsip ACID (Atomicity, Consistency, Isolation, Durability) yang menjamin konsistensi dan integritas data. PostgreSQL juga memiliki ekosistem yang kuat dengan banyak alat dan ekstensi yang dikembangkan oleh komunitas pengguna.

Meskipun MySQL tetap menjadi pilihan yang baik dalam banyak kasus penggunaan, PostgreSQL menawarkan keunggulan dalam hal kemampuan dan dukungan standar, skalabilitas dan kinerja, keamanan dan reliabilitas, konsistensi dan integritas data, serta ekosistem dan fitur tambahan. Dalam pemilihan RDBMS, perlu mempertimbangkan kebutuhan dan persyaratan proyek tertentu. Namun, dengan keunggulan-keunggulannya, PostgreSQL adalah pilihan yang kuat bagi banyak organisasi dan pengembang aplikasi.

PostgreSQL dalam Berbagai Bidang Industri

0

PostgreSQL adalah salah satu sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang dimanfaat dalam berbagai bidang dan digunakan oleh banyak perusahaan terkemuka di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa industri yang umumnya memanfaatkan PostgreSQL:

1. Industri Keuangan: PostgreSQL sangat cocok untuk industri keuangan. PostgreSQL sepenuhnya mematuhi standar ACID (Atomicity, Consistency, Isolation, Durability) dan sangat ideal untuk beban kerja OLTP (Online Transaction Processing). Selain itu, PostgreSQL juga dapat digunakan sebagai database analitik yang handal dan dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak matematika seperti Matlab dan R.

2. Pemerintah dan Data GIS: PostgreSQL bukan hanya alat untuk industri keuangan. PostgreSQL juga memiliki ekstensi GIS yang kuat yang disebut PostGIS. PostGIS menyediakan ratusan fungsi untuk memproses data geometrik dalam berbagai format. PostGIS mematuhi standar yang tinggi dan menjadi salah satu standar de facto di dunia GIS Open Source.

3. Perangkat Lunak Komputer: Banyak perusahaan perangkat lunak menggunakan PostgreSQL dalam skala besar. PostgreSQL digunakan dalam berbagai aplikasi dan solusi perangkat lunak, termasuk manajemen konten, sistem manajemen relasi pelanggan (CRM), manajemen proyek, dan banyak lagi.

4. Perdagangan dan Ritel: Industri perdagangan dan ritel juga menggunakan PostgreSQL secara luas. PostgreSQL membantu dalam menyimpan dan mengelola data pelanggan, inventaris, transaksi penjualan, dan analitik penjualan.

5. Teknologi dan Layanan Informasi: Perusahaan teknologi dan layanan informasi menggunakan PostgreSQL untuk berbagai keperluan, termasuk penyimpanan data pengguna, analitik, manajemen konten, dan pengembangan aplikasi.

6. Kesehatan dan Perawatan Kesehatan: Industri kesehatan dan perawatan kesehatan juga memanfaatkan PostgreSQL. PostgreSQL digunakan untuk menyimpan dan mengelola data pasien, rekam medis, jadwal perawatan, dan sistem informasi kesehatan.

7. Media dan Hiburan: Perusahaan media dan hiburan menggunakan PostgreSQL untuk menyimpan dan mengelola data konten, pengguna, dan analitik. PostgreSQL membantu dalam menyediakan pengalaman pengguna yang personal dan rekomendasi yang relevan.

Lalu, perusahaan apa sajakah yang menggunakan PostgreSQL sebagai dukungan sistemnya ? Di bawah ini kami cantumkan contoh beberapa perusahaan terkenal yang menggunakan PostgreSQL, diantaranya:

1. Netflix: Netflix, platform streaming terbesar di dunia, menggunakan PostgreSQL untuk menyimpan dan mengelola data yang berkaitan dengan konten, pengguna, dan analitik. PostgreSQL membantu Netflix dalam mengelola jutaan pengguna dan menyediakan pengalaman streaming yang lancar.

2. Uber: Uber, perusahaan transportasi berbasis aplikasi, menggunakan PostgreSQL untuk menyimpan data pengguna, data perjalanan, dan data lainnya yang diperlukan untuk operasional mereka. PostgreSQL membantu Uber dalam mengelola data yang besar dan memastikan keandalan sistem mereka.

3. Instagram: Instagram, platform media sosial berbagi foto dan video, menggunakan PostgreSQL sebagai salah satu komponen utama dalam infrastruktur database mereka. PostgreSQL membantu Instagram dalam menyimpan dan mengelola jutaan gambar dan video yang diunggah oleh pengguna setiap harinya.

4. Spotify: Spotify, platform streaming musik terkemuka, menggunakan PostgreSQL untuk menyimpan data artis, album, daftar putar, dan preferensi pengguna. PostgreSQL memungkinkan Spotify untuk memberikan rekomendasi musik yang personal kepada pengguna berdasarkan preferensi mereka.

5. Reddit: Reddit, platform komunitas daring, menggunakan PostgreSQL sebagai basis data utama mereka. PostgreSQL membantu Reddit dalam menyimpan dan mengelola jutaan posting, komentar, dan pengguna yang aktif setiap harinya.

6. LaunchDarkly: LaunchDarkly, platform manajemen fitur dan pengujian A/B, menggunakan PostgreSQL untuk menyimpan data fitur, pengguna, dan pengaturan. PostgreSQL memungkinkan LaunchDarkly untuk memberikan pengalaman personal dan dinamis kepada pengguna mereka.

7. Apple: Apple, perusahaan teknologi terkemuka, menggunakan PostgreSQL dalam beberapa produk dan layanan mereka. PostgreSQL membantu Apple dalam menyimpan dan mengelola data yang berkaitan dengan aplikasi, pengguna, dan transaksi.

Perusahaan-perusahaan di atas adalah contoh dari berbagai industri yang menggunakan PostgreSQL untuk kebutuhan penyimpanan dan pengelolaan data mereka. PostgreSQL telah terbukti menjadi solusi yang andal, skalabel, dan fleksibel bagi industri dan layanan mereka.

Mengenal PostgreSQL dan Beragam Keunggulannya

0

PostgreSQL adalah salah satu sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang sangat populer dan sering digunakan dalam industri teknologi. Dikembangkan pada tahun 1986, PostgreSQL telah menjadi pilihan utama bagi banyak organisasi besar dan kecil di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari keistimewaan dan keunggulan PostgreSQL sebagai salah satu solusi database terkemuka.

  1. Kebebasan dan Open-Source: PostgreSQL adalah proyek open-source yang sepenuhnya bebas digunakan, dikembangkan, dan didistribusikan oleh komunitas global. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses kode sumber, memodifikasinya sesuai kebutuhan, serta berkontribusi dalam pengembangan dan penyempurnaan PostgreSQL. Kebebasan ini memberikan fleksibilitas dan kontrol penuh kepada pengguna untuk mengatur dan mengelola database sesuai dengan kebutuhan mereka.
  2. Fitur Lengkap dan Dukungan Standar: PostgreSQL menawarkan beragam fitur yang sangat lengkap dan mendukung standar industri. Dalam hal kemampuan SQL, PostgreSQL mematuhi standar ANSI SQL dan menyediakan dukungan yang kuat untuk fitur-fitur lanjutan seperti subquery, join kompleks, tipe data kustom, dan fungsi-fungsi yang rumit. Selain itu, PostgreSQL juga mendukung fitur-fitur seperti indeks yang kuat, transaksi ACID (Atomicity, Consistency, Isolation, Durability), dan dukungan untuk pemrograman prosedural melalui bahasa seperti PL/pgSQL, PL/Python, dan PL/Java.
  3. Skalabilitas dan Kinerja yang Tinggi: PostgreSQL dirancang untuk menghadapi beban kerja yang berat dan mampu menangani aplikasi dengan jutaan atau bahkan miliaran baris data. Dalam situasi di mana skalabilitas diperlukan, PostgreSQL dapat diatur untuk mengelola klaster database yang terdiri dari beberapa node, memungkinkan distribusi beban kerja dan peningkatan kinerja secara horizontal. Dengan dukungan untuk indeks yang canggih, optimisasi query, dan caching yang cerdas, PostgreSQL memberikan performa yang tinggi dan responsif dalam mengolah data.
  4. Keamanan dan Reliabilitas: PostgreSQL menempatkan keamanan dan reliabilitas sebagai prioritas utama. Database ini menyediakan mekanisme keamanan yang kuat, termasuk autentikasi pengguna yang fleksibel, enkripsi data, pengaturan hak akses yang terperinci, dan logging yang lengkap untuk pemantauan dan audit. Selain itu, PostgreSQL juga memiliki mekanisme pemulihan yang andal, yang memungkinkan pemulihan data yang konsisten dan terjamin dalam situasi kegagalan sistem atau pemadaman yang tidak terduga.
  5. Ekosistem yang Kaya: PostgreSQL memiliki ekosistem yang kaya dan aktif, dengan banyak alat dan ekstensi yang dikembangkan oleh komunitas pengguna. Ekstensi seperti PostGIS untuk data geografis, TimescaleDB untuk data deret waktu, dan Citus untuk skala horizontal adalah beberapa contoh ekstensi yang populer. Selain itu, terdapat juga banyak alat bantu, GUI, dan integrasi dengan bahasa pemrograman populer yang mempermudah pengguna dalam mengembangkan dan mengelola aplikasi dengan PostgreSQL.

Dengan kebebasan open-source, fitur lengkap dan dukungan standar, skalabilitas dan kinerja yang tinggi, keamanan dan reliabilitas yang unggul, serta ekosistem yang kaya, PostgreSQL terus menjadi pilihan database yang kuat dan handal bagi organisasi di seluruh dunia. Dengan penggunaan yang bijak dan pemahaman yang baik tentang fitur-fiturnya, PostgreSQL dapat memberikan fondasi yang kokoh untuk aplikasi dan sistem yang kompleks.

Contoh Soal Pemrograman untuk Belajar OOP C#

0

T

erus latihan dan belajar adalah langkah yang harus dilakukan agar makin mahir dalam pemrograman. Untuk latihan, tentu setidaknya kita membutuhkan beragam studi kasus atau soal. Dengan dihadapkan pada beragam persoalan, seorang calon programmer akan semakin tajam dalam membaca dan menganalisa masalah serta mencari pemecahannya.

Pada tulisan kali ini, kami memberikan contoh soal pemrograman yang dapat digunakan sebagai latihan. Soal ini sudah diujikan pada peserta didik di lingkungan sekolah menengah kejuruan yang belajar dasar pemrograman dan OOP. Bagi anda yang ingin memanfaatkan contoh soal ini, anda bisa mempelajarinya, menjadikannya sebagai referensi, dan memodifikasinya. Terima kasih.

========================

Soal Uji Kompetensi (A) Pemrograman C# Kelas X RPL Sem. Genap – 2023/2024

  1. Tuliskan code program dengan sebuah method yang memberikan output tampilan :

Kelas X RPL – SMK Negeri 2 Trenggalek

Tahun Pelajaran 2023-2024

Dengan ketentuan :

    • Angka 2 dalam “SMK Negeri 2 Trenggalek” disimpan dalam sebuah variabel untuk angka sebelum ditampilkan. Begitu pula angka 2023 dan 2024, keduanya disimpan dalam variabel untuk angka
    • Terdapat dua variabel bertipe string
    • Nama method dan nama variabel yang digunakan bebas
  1. Buatlah sebuah method bernama tampilSuhu yang memiliki satu parameter bertipe double bernama suhunya. Dengan method tersebut, tampilkan output dengan ketentuan :
    • Jika suhu di bawah 15 derajat maka tampil pesan : Suhu Dingin
    • Jika suhu di atas 15 derajat dan kurang dari 25 derajat maka tampil pesan : Suhu Lembab
    • Jika suhu antara 25 – 32 derajat maka tampil pesan : Suhu Sedang
    • Jika suhu di atas 32 derajat maka tampil pesan : Suhu Panas
    • Jika suhu di atas 40 derajat maka tampil pesan : Suhu Panas Ekstrim

Catatan: parameter berguna untuk mengisikan dan meneruskan nilai suhunya. Tidak perlu meminta input dari user.

  1. Buatlah code program sebuah class bernama siswa dengan field : namaSiswa, kelasSiswa, jkSiswa, dan umurSiswa. Dari class tersebut buatlah dua object bernama siswaSatu dan siswaDua. Silakan inisiasi nilainya dan tampilkan output dari nilai field dari tiap object tersebut !
  2. Tuliskan code yang mengandung 2 buah class bernama stokBaju dan stokAsesoris. Method main terdapat di dalam stokBaju. Class stokBaju terdiri atas field : nama, jenis, ukuran, jumlah. Class stokAsesoris terdiri atas field : nama, jenis, jumlah; dan memiliki method diskonAsesoris. Isi dari method diskonAsesoris adalah menampilkan pesan “Diskon 50% untuk asesoris”. Berikan nilai dari semua field yang ada. Selanjutnya, silakan tampilkan semua output dari nilai field dari class tersebut melalui sebuah object. Adapun nama object atau hal-hal lain yang tidak dicantumkan diberikan kebebasan.

========================

Soal Uji Kompetensi (B) Pemrograman C# Kelas X RPL Sem. Genap – 2023/2024

  1. Tuliskan code program dengan sebuah method yang memberikan output tampilan :

Belajar Pemrograman C# 2023-2024

Rekayasa Perangkat Lunak – SMK Negeri 2 Trenggalek

Dengan ketentuan :

    • Angka 2023 dan 2024, keduanya di dalam variabel untuk angka sebelum ditampilkan. Begitu pula dengan angka 2 dalam “SMK Negeri 2 Trenggalek”, juga disimpan dalam sebuah variabel untuk angka.
    • Terdapat dua variabel bertipe string.
    • Nama method dan nama variabel yang digunakan bebas.
  1. Buatlah sebuah method bernama tampilSatuan yang memiliki satu parameter bertipe string bernama satuan. Dengan method tersebut, tampilkan output dengan ketentuan :
    1. Jika satuan “m” maka tampil pesan : Meter adalah satuan panjang
    2. Jika satuan “kg” maka tampil pesan : Kilogram adalah satuan berat
    3. Jika satuan “s” maka tampil pesan : Second adalah satuan waktu
    4. Jika satuan “A” maka tampil pesan : Ampere adalah satuan kuat arus listrik

Catatan: parameter berguna untuk mengisikan dan meneruskan kode satuannya. Tidak perlu input dari user.

  1. Buatlah code program sebuah class bernama staf dengan field : namaStaf, levelStaf, jkStaf, dan masakerjaStaf. Dari class tersebut buatlah dua object bernama stafSatu dan stafDua. Silakan inisiasi nilainya dan tampilkan output dari nilai field dari tiap object tersebut !
  2. Tuliskan code yang mengandung 2 buah class bernama stokBaju dan stokAsesoris. Method main terdapat di dalam stokBaju. Class stokBaju terdiri atas field : nama, jenis, ukuran, jumlah. Class stokAsesoris terdiri atas field : nama, jenis, jumlah; dan memiliki method diskonAsesoris. Isi dari method diskonAsesoris adalah menampilkan pesan “Diskon 50% untuk asesoris”. Berikan nilai dari semua field yang ada. Selanjutnya, silakan tampilkan semua output dari nilai field dari class tersebut melalui sebuah object. Adapun nama object atau hal-hal lain yang tidak dicantumkan diberikan kebebasan.
0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Recent Posts