Wednesday, December 10, 2025
Home Blog Page 2

Instalasi SQL Server 2012

0

SQL Server 2012 adalah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang dikembangkan oleh Microsoft. Sebagai aplikasi database server, SQL Server merupakan produk perangkat lunak yang bersifat client/server karena memiliki komponen client yang berfungsi menampilkan dan memanipulasi data. Selain itu, RDBMS ini mempunyai komponen server yang berfungsi menyimpan, memanggil, dan mengamankan database. SQL Server menggunakan SQL sebagai bahasa utama dalam mengoperasikan database.

Versi Visual Studio yang kompatibel dengan SQL Server 2012 adalah Visual Studio 2010. Visual Studio 2010 dapat digunakan untuk mengembangkan solusi analisis data dan bisnis menggunakan layanan SQL Server seperti SQL Server Analysis Services, Reporting Services, dan Integration Services. Pada versi SQL Server 2012 dan setelahnya, IDE ini telah berganti nama menjadi SQL Server Data Tools (SSDT)

Untuk melakukan instalasi SQL Server 2012, kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh file instalasi SQL Server 2012 dari situs resmi Microsoft.
  2. Jalankan file setup yang telah diunduh.
  3. Pilih opsi “New SQL Server stand-alone installation or add feature to an existing installation”.
  4. Setelah itu, program setup akan memeriksa pembaruan yang tersedia untuk SQL Server. Klik “Next” untuk melanjutkan.
  5. Tunggu beberapa saat hingga program setup menyelesaikan instalasi file yang diperlukan.
  6. Pada halaman “Instance Configuration”, Anda dapat memberikan nama instance sesuai keinginan Anda. Klik “Next” untuk melanjutkan.
  7. Pada halaman “Feature Selection”, pilih fitur-fitur yang ingin Anda instal. Anda juga dapat memilih direktori instalasi yang diinginkan. Klik “Next” untuk melanjutkan.
  8. Pada halaman “Server Configuration”, tentukan akun layanan yang akan digunakan untuk menjalankan SQL Server. Anda juga dapat mengatur mode keamanan dan mengkonfigurasi pengaturan jaringan. Klik “Next” untuk melanjutkan.
  9. Pada halaman “Database Engine Configuration”, Anda dapat mengatur pengaturan tambahan untuk database engine. Anda dapat memilih mode autentikasi, mengatur pengaturan collation, dan mengkonfigurasi pengaturan file dan direktori. Klik “Next” untuk melanjutkan.
  10. Setelah itu, program setup akan memvalidasi konfigurasi yang telah Anda tentukan. Jika tidak ada masalah, klik “Next” untuk melanjutkan.
  11. Tunggu proses instalasi hingga selesai.
  12. Setelah instalasi selesai, Anda dapat menutup program setup.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat menginstal SQL Server 2012 dengan mudah. Disamping itu, kita juga perlu aktif memeriksa panduan instalasi resmi dan memahami persyaratan sistemnya.

Di bawah ini, video contoh proses instalasi SQL Server 2012 pada lingkungan sistem operasi Windows 7.

Sya’ban Bulan Shalawat Kepada Baginda Nabi

0

وذكرَ ابنُ الصيفِ اليمَنيّ أنه قيل أن شهرَ شعبانَ شهرُ الصلاةِ على النبيِّ صلَّى اللّٰه عليه وسلَّم لأن الآيةَ إِنَّ اللّٰهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَآ أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا نُزلتْ فيه نقَلَه الإمامُ العلاَّمةُ الشهابُ القَسطلانِيّ في فضلِ الصلاةِ على النبيِّ صلَّى اللّٰه عليه وسلَّم. وقد ذكرَ الحافظُ ابنُ حجرٍ رضي الله عنه عن أبي ذرٍّ الهرَويّ أن الأمرَ بالصلاةِ على النبيِّ صلَّى اللّٰه عليه وسلَّم يَعنِي بقولِه تعالى يَآ أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ الآيةَ كان في السنةِ الثانيةِ من الهجْرةِ وقيل في ليلةِ الإسراء إه

Syaikh Ibn al-Shaif al-Yamani menuturkan bahwa menurut sebuah pendapat bulan Sya’ban merupakan bulan bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, karena ayat:

إِنَّ اللّٰهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَآ أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS al-Ahzab: 56).

diturunkan pada bulan Sya’ban. Sebagaimana dikutip dari pendapatnya Imam al-‘allamah Syihab al-Din al-Qasthalani (851-923 H) dalam menjelaskan keutamaan bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Al-Hafidh Ibn Hajar al-‘Asqalani (1372-1449 M) menuturkan riwayat dari Syaikh Abu Dzarr al-Harawi (946-1042 M),  bahwa perintah bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, yakni ayat:

يَآ أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ

“Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu kepada Nabi…”

terjadi pada tahun kedua hijriyah. Sementara pendapat yang lain terjadi pada malam isra’ mi’raj.

Wallahu a’lam bisshawab.

Sumber: Tuhfah al-Ikhwan fi Qiraah al-Mi’ad fi Rajab wa Sya’ban wa Ramadlan karya al-Imam al-‘Allamah Syihab al-Din Ahmad ibn Hijazi al-Fasyani (w. 978 H/1570 M), Mathba’ah al-Kastiliyah Mesir, 1286 H, hal. 65.

(KH. Bagus Ahmadi, PP. MIA Putra – Pacet – Moyoketen – Boyolangu – Tulungagung. Ahad, 11 Februari 2024)

Asal Muasal Bacaan Tasyahud

0

فقد رُوي أنه صلَّى اللّٰه عليه وسلَّم لما جاوزَ سدرةَ المُنتهى ليلةَ الإسراءِ غَشِيَتْه سَحابةٌ من نورٍ، فيها من الألوانِ ما شاء الله. فوقفَ جبريلُ ولم يَسرِ معه، فقال له صلَّى اللّٰه عليه وسلَّم أتترُكنِي أسِيرُ منفردًا؟ فقال له جبريلُ: وما منا إلا له مقامٌ معلومٌ. فقال النبي صلَّى اللّٰه عليه وسلَّم: سِرْ مَعي ولو خطوةً. فسارَ معه خطوةً فكاد أن يحترقَ من النورِ والجلالِ والهيبةِ، وصغرَ وذابَ حتى صار قدرَ العُصفورِ، فأشارَ على النَّبيِّ بأن يُسلِّمَ على ربِّه إذا وصَل مكانَ الخطابِ. فلما وصَل النبيُّ إليه قال: التَّحِيَّاتُ المُبَارَكاتُ الصَّلَواتُ الطَّيِّبَاتُ للّٰهِ. فقال اللّٰه تعالى: السلامُ عليكَ أيها النبيُّ ورحمةُ اللّٰهِ وبرَكاتُه. فأحبَّ النبيُّ أن يكونَ لِعبادِ اللّٰهِ الصالِحِينَ نصيبٌ من هذا المقامِ، فقال: السَّلامُ علينا وعلى عبادِ اللّٰهِ الصَّالحِينَ. فقال جميعُ أهلِ السَّمٰواتِ: أشهدُ أن لا إلٰهَ إلا اللّٰهُ وأشهدُ أنَّ مُحمَّدًا رسولُ اللّٰهِ

Diriwayatkan dalam hadist bahwa sesungguhnya Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam ketika sudah melewati Sidratul Muntaha pada saat malam Isra,’ beliau terselubungi oleh kabut-mendung dari cahaya. Di dalamnya terdapat warna-warni (yang teramat indah, dan sulit digambarkan) sesuai dengan apa yang dikehendaki Allah Subhanahu wa ta’ala. Kemudian Jibril ‘alaihis salam berhenti dan tidak melanjutkan perjalanan bersama beliau. Lantas Baginda Nabi shallallahu alaihi wasallam bertanya: “Apakah engkau akan meninggalkan aku berjalan sendirian?” Jibril ‘alaihis salam menjawab: “Aku tidak sanggup. Aku hanya mampu pada maqamku saja”. Nabi shallallahu alaihi wasallam berkata: “Berjalanlah bersamaku walau satu langkah.” Jibril ‘alaihis salam pun berjalan bersama beliau satu langkah. Akan tetapi ia terbakar oleh cahaya,  keagungan dan kehebatan Allah. Akibatnya, ia luntuh mengecil hingga menjadi sebesar burung emprit. Kemudian malaikat Jibril ‘alaihis salam memberi isyarat kepada Baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam untuk mengucapkan salam kepada Allah jika beliau sudah sampai di tempat untuk “matur” kepada Allah. Selanjutnya, ketika Baginda Nabi shallallahu alaihi wasallam sampai di tempat tersebut, beliau “matur”:

التَّحِيَّاتُ المُبَارَكاتُ الصَّلَواتُ الطَّيِّبَاتُ للّٰهِ.

“Segala kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu milik Allah”.

Allah ta’ala lalu berfirman:

السلامُ عليكَ أيها النبيُّ ورحمةُ اللّٰهِ وبرَكاتُه

“Keselamatan atas Nabi (Muhammad), juga rahmat dan berkahnya”.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam senang jika para hamba yang shaleh termasuk dalam maqam ini, sehingga beliau memohon:

السَّلامُ علينا وعلى عِبادِ اللّٰهِ الصَّالحِينَ.

“Semoga keselamatan dicurahkan kepada kami dan atas hamba-hamba Allah yang shaleh”.

Setelah itu, seluruh penduduk langit mengucapkan:

أشهدُ أن لا إلٰهَ إلا اللّٰهُ وأشهدُ أنَّ مُحمَّدًا رسولُ اللّٰهِ

“Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah”.

Wallahu a’lam bisshawab.

Sumber: Hasyiyah I’anah al-Thalibin ‘ala Fath al-Mu’in, karya al-‘Allamah Sayyid Abu Bakar Syatha (Sayyid Bakri) bin Sayyid Muhammad Syatha al-Dimyathi al-Makki al-Syafi’i, 1848-1892 M, Maktabah Thaha Putra Semarang, juz I hal. 169.

(KH. Bagus Ahmadi, PP. MIA Putra – Pacet – Moyoketen – Boyolangu – Tulungagung. Sabtu, 10 Februari 2024)

Mengapa Terjadi Mi’raj ke Langit?

0

حكمة – قال عثمانُ بن حسنٕ الجُوَيرِي فى دُرّةِ الواعظينَ: وأما سببُ المعراجِ فهو أن الأرضَ افتخَرتْ على السماءِ فقالت الأرضُ: أنا خيرٌ منكِ لأن اللهَ تعالى زيَّني بالبلادِ والبحارِ والأنهارِ والأشجارِ والجِبالِ وغيرِها فقالت السماءُ: أنا خيرٌ منكِ لأن الشمسَ والقمرَ والكواكبَ والأفلاكَ والبُروجَ والعرشَ والكُرْسيَّ والجَنةَ فِيَّ، وقالت الأرضُ: فِيَّ بيتٌ يزُورُه ويَطوفُ به الأنبياءُ والمُرسلون والأولياءُ والمؤمنونُ عامَّةً، وقالت السماءُ: فيَّ البيتُ المعمورُ يطوفُ به ملائكةُ السمواتِ وفيَّ الجنةُ التى هى مأوَى أرْواحِ الأنبياءِ والمرسلينَ وأرواحِ الأولياءِ والصالحينَ وقالت الأرضُ: إن سيِّدَ المرسلينَ وخاتمَ النبيِّينَ وحبيبَ ربِّ العالَمِين وأفضلَ الموجوداتِ عليه أكملُ التَّحيَّاتِ وطنَ فيَّ وأجْرَى شريعتَه عليَّ، فلما سمعتْ السماءُ هذا عجَزَتْ وسكتَتْ عن الجوابِ وتوجَّهتْ إلى اللهِ تعالى فقالت: إلٰهِي أنتَ تُجيبُ المُضطَرَّ إذا دَعاك وأنا عجزتُ عن جوابِ الأرضِ فأسألُكَ أن يصعدَ محمدًا لى فأتشَرَّفُ به كما تشرَّفتْ الأرضُ بجمالِه وافتخرتُ، فأجابَ دَعوَتَها.

(Hikmah) Syaikh Usman bin Hasan al-Jubairi berkata dalam kitab Durrah al-Wa’idhin, “Sebab terjadinya mi’raj adalah bahwa bumi bersikap sombong terhadap langit. Bumi berkata kepada langit, ‘Aku lebih baik daripadamu karena Allah telah menghiasiku dengan daratan, lautan, sungai, pepohonan, pegunungan, dan lain-lain.’ Langit menjawab, ‘Aku yang lebih baik daripadamu karena matahari, bulan, bintang-bintan, cakrawala, buruj, ‘Arsy, Kursi, dan surga ada padaku.’ Bumi berkata seraya tidak mau kalah, ‘Aku mempunyai sebuah bait atau Ka’bah yang dikunjungi dan dikelilingi oleh para nabi, rasul, wali, dan seluruh orang-orang mukmin.’ Langit menjawab, ‘Aku juga punya Baitul Makmur yang dikelilingi oleh para malaikat langit. Selain itu, aku juga memiliki surga yang merupakan tempat bagi arwah para nabi, rasul, wali, dan seluruh orang-orang shalih.’ Kemudian bumi tidak mau kalah, ‘Sesungguhnya pemimpin para rasul, penutup para nabi, kekasih Allah Yang merajai seluruh alam, makhluk yang paling utama, semoga kesempurnaan penghormatan selalu tercurah atasnya, menempatiku dan syariatnya berlaku diatasku.’ Mendengar perkataan bumi ini, langit tidak bisa membantah dan diam. Kemudian langit menghadap dan memohon kepada Allah seraya berkata, ‘Ya Tuhanku! Engkau adalah Dzat yang mengabulkan permintaan makhluk lemah ketika ia berdoa kepada-Mu. Aku tidak mampu membantah perkataan bumi. Aku mohon kepada-Mu agar membawa naik Muhammad kemari sehingga aku bisa merasa lebih mulia dengannya sebagaimana bumi menjadi mulia dengan keindahannya. Dengan demikian, aku bisa menjawab perkataan bumi.’ Kemudian Allah mengabulkan doa langit.

Wallahu a’lam bisshawab.

Sumber: Nur al-Dhallam Syarh ‘Aqidah al-‘Awam karya Syaikh Muhammad Nawawi al-Bantani al-Jawi, Maktabah al-Turmusi li al-Turats, 2017, hal. 105-106.

(KH. Bagus Ahmadi, PP. MIA Putra – Pacet – Moyoketen – Boyolangu – Tulungagung. Kamis, 8 Februari 2024)

Abstraksi dalam C#

0

Dalam pemrograman, abstraksi adalah konsep penting yang digunakan untuk menyembunyikan detail implementasi dan fokus pada fitur yang penting. Dalam bahasa pemrograman C#, abstraksi memungkinkan kita untuk membuat kelas abstrak dan metode abstrak yang harus diimplementasikan oleh kelas turunannya.

Abstraksi merupakan cara untuk memusatkan perhatian pada fitur yang penting dan menyembunyikan detail yang rumit. Dalam konteks pemrograman, abstraksi memungkinkan kita untuk membuat kerangka kerja umum yang dapat digunakan kembali, sementara detailnya diimplementasikan di kelas turunan.

Mari kita lihat contoh sederhana tentang bagaimana abstraksi dapat diterapkan dalam bahasa pemrograman C#:

using System;

abstract class Hewan
{
public abstract void Suara();
}

class Kucing : Hewan
{
public override void Suara()
{
Console.WriteLine("Meong!");
}
}

class Anjing : Hewan
{
public override void Suara()
{
Console.WriteLine("Guk guk!");
}
}

class Program
{
static void Main(string[] args)
{
Hewan kucing = new Kucing();
Hewan anjing = new Anjing();

kucing.Suara(); // Output: Meong!
anjing.Suara(); // Output: Guk guk!
}
}

Dalam contoh di atas, kita memiliki kelas abstrak Hewan yang memiliki metode abstrak Suara(). Metode ini tidak memiliki implementasi, tetapi mendefinisikan perilaku yang harus diimplementasikan oleh kelas turunannya.

Kita kemudian membuat kelas turunan Kucing dan Anjing yang mewarisi dari kelas Hewan. Kedua kelas ini mengimplementasikan metode Suara() sesuai dengan suara yang dihasilkan oleh masing-masing hewan.

Ketika kita memanggil metode Suara() pada objek Kucing dan Anjing, masing-masing objek akan menggunakan implementasi khususnya. Ini adalah contoh abstraksi dalam C#.

Abstraksi dalam pemrograman C# memiliki beberapa manfaat, di antaranya :

  • Mengurangi kompleksitas: Abstraksi memungkinkan kita untuk fokus pada fitur penting tanpa harus memikirkan detail implementasi yang rumit.
  • Reusabilitas kode: Dengan menggunakan abstraksi, kita dapat membuat kerangka kerja umum yang dapat digunakan kembali untuk membuat kelas turunan dengan perilaku yang berbeda.
  • Pemeliharaan yang mudah: Dengan memisahkan fungsionalitas umum dari detail implementasi, perubahan pada satu bagian tidak akan mempengaruhi bagian lain yang terkait.

 

Pranala Luar : C# Abstraction at w3school

Polimorfisme C#: Konsep Sederhana yang Meningkatkan Fleksibilitas Kode

0

Dalam dunia pemrograman, polimorfisme adalah salah satu konsep penting yang digunakan untuk meningkatkan fleksibilitas dan modularitas kode. Dalam bahasa pemrograman C#, polimorfisme memungkinkan objek memiliki banyak bentuk, yang memungkinkan kita untuk menggunakan objek dengan cara yang berbeda tanpa harus mengubah kode yang ada.

Polimorfisme berasal dari kata bahasa Yunani “poly” yang berarti banyak, dan “morphos” yang berarti bentuk. Dalam konteks pemrograman, polimorfisme mengacu pada kemampuan objek untuk memiliki banyak bentuk atau tampilan yang berbeda.

Mari kita lihat contoh sederhana tentang bagaimana polimorfisme dapat diterapkan dalam bahasa pemrograman C#:

using System;

class Bentuk
{
public virtual void Gambar()
{
Console.WriteLine("Ini adalah bentuk umum.");
}
}

class Lingkaran : Bentuk
{
public override void Gambar()
{
Console.WriteLine("Ini adalah lingkaran.");
}
}

class Segitiga : Bentuk
{
public override void Gambar()
{
Console.WriteLine("Ini adalah segitiga.");
}
}

class Program
{
static void Main(string[] args)
{
Bentuk bentuk = new Bentuk();
Bentuk lingkaran = new Lingkaran();
Bentuk segitiga = new Segitiga();

bentuk.Gambar(); // Output: Ini adalah bentuk umum.
lingkaran.Gambar(); // Output: Ini adalah lingkaran.
segitiga.Gambar(); // Output: Ini adalah segitiga.
}
}

Dalam contoh di atas, kita memiliki kelas Bentuk sebagai kelas dasar. Kemudian kita memiliki kelas turunan Lingkaran dan Segitiga yang mewarisi dari kelas Bentuk. Kita menggunakan keyword override untuk mengganti implementasi metode Gambar() dari kelas Bentuk di kelas turunan.

Ketika kita membuat objek Lingkaran dan Segitiga, kita dapat memanggil metode Gambar() dari objek-objek tersebut. Hasilnya, metode yang dipanggil akan berdasarkan tipe objek yang digunakan. Ini adalah contoh polimorfisme run-time dalam C#.

Manfaat Polimorfisme dalam C#

  • Fleksibilitas: Polimorfisme memungkinkan kita untuk mengubah perilaku objek tanpa merusak kode yang ada. Ini membuat kode lebih fleksibel dan mudah untuk diperluas di masa depan.
  • Modularitas: Dengan menggunakan polimorfisme, kita dapat membagi kode ke dalam komponen yang independen. Ini memungkinkan pengembangan dalam tim yang lebih mudah dan memudahkan pemeliharaan kode.
  • Mengurangi Duplikasi Kode: Dengan menggunakan polimorfisme, kita dapat menggunakan kembali kode yang ada untuk berbagai objek dengan perilaku yang serupa. Ini mengurangi duplikasi kode dan meningkatkan efisiensi pengembangan.

Dalam contoh sederhana yang telah kita lihat, kita dapat melihat bagaimana polimorfisme dapat diterapkan dalam bahasa pemrograman C# dengan menggunakan inheritance dan overriding. Dengan memahami dan menggunakan polimorfisme dengan baik, kita dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi kode yang kita tulis.

Pranala Luar : Polymorphism at w3school

Mengapa Isra’ Mi’raj Terjadi pada Malam Hari?

0

قال ابنُ المنيرِ: إنما كان الإسراءُ ليلاً لأنه وقتُ الخلوةِ والإختصاصِ عرفًا، ولأنه وقتُ الصلاةِ التى كانت مفروضةً عليه في قوله تعالى: قُمِ اللَّيْلَ. وليكونَ أبلغَ للمؤمنِ في الإيمانِ بالغيبِ وفتنةً للكافرِ، ولأن الليلَ محلُّ الإجتماعِ بالأحبابِ. قال ابنُ دحيةَ: ولإبطالِ قولِ الفلاسفةِ: إن الظلمةَ من شأنِها الإهانةُ والشرُّ، وكيف يقولُ ذلك مع أن اللهَ تعالى أكرَمَ أقوامًا في الليلِ بأنواعِ الكراماتِ كقولِه تعالى في قصةِ إبراهيمَ: فَلَمَّا جَنَّ عَلَيْهِ اللَّيْلُ إلى آخره، وفي لوط: فَأَسْرِ بِأَهْلِكَ بِقِطْعٍ مِّنَ اللَّيْلِ، وفي موسى: وَوَاعَدْنَا مُوسَى ثَلاثِينَ لَيْلَةً، وناجَاه ليلاً وأمرَه بإخراجِ قومِه ليلاً في قولِه: فَأَسْرِ بِعِبَادِي لَيْلًا، واستجابةِ دعاءِ يعقوبَ فيه وهو المرادُ في قولِه: سَوْفَ أَسْتَغْفِرُ لَكُمْ رَبِّي

Ibn al-Munir berkata: “Peristiwa isra hanya terjadi pada malam hari, karena pada umumnya malam adalah waktu yang tepat untuk melakukan khalwah (menyepi) dan pengkhususan. Dan karena malam adalah waktu menjalankan shalat yang diwajibkan kepada beliau (Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam). Hal ini didasarkan pada firman Allah ta’ala:

قُمِ اللَّيْلَ

“Dirikanlah shalat di malam hari” (QS. al-Muzammil: 2). Dan sebagai sarana menguatkan keimanan orang mukmin terhadap hal-hal yang ghaib (hal-hal yang tidak dapat dicerna oleh akal), serta sebagai ujian bagi orang-orang kafir, (apakah ia tetap ingkar dengan risalah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam) atau akan beriman. Dan karena malam merupakan tempat berkumpul bersama para kekasih.

Ibn Dihyah mengatakan: “Dan karena untuk menolak pandangan para filsuf; bahwa kegelapan itu identik dengan hina dan keburukan. Bagaimana mereka bisa mengatakan demikian, padahal Allah ta’ala menganugerahkan banyak kemuliaan kepada ummat pada malam hari, sebagaimana firman-Nya tentang kisah Nabi Ibrahim As:

فَلَمَّا جَنَّ عَلَيْهِ اللَّيْلُ …

“Ketika malam telah gelap, ia melihat sebuah bintang (lalu) ia berkata, “Inilah Tuhanku”, tetapi tatkala bintang itu tenggelam ia berkata, “Saya tidak suka kepada yang tenggelam”. (QS. al-An’am: 76).

Dan dalam kisah Nabi Luth As:

فَأَسْرِ بِأَهْلِكَ بِقِطْعٍ مِّنَ اللَّيْلِ

“Maka pergilah beserta keluargamu pada akhir malam”. (QS. Hud: 81).

Dan dalam kisah Nabi Musa As:

وَوَاعَدْنَا مُوسَى ثَلاثِينَ لَيْلَةً

“Dan Kami telah menjanjikan kepada Musa (memberikan Taurat) tiga puluh malam”. (QS. al-A’raf: 142).

Dan Nabi Musa As bermunajad kepada Allah pada malam hari serta diperintah oleh Allah mengeluarkan kaumnya pada malam hari, sebagaimana tercatat dalam firman Allah:

فَأَسْرِ بِعِبَادِي لَيْلًا

“Oleh karena itu, berjalanlah dengan hamba-hamba-Ku pada malam hari”. (QS. ad-Dukhan: 23).

Selain itu, malam juga menjadi waktu dikabulkannya doa Nabi Ya’qub As, itulah yang dikehendaki dalam firman Allah:

سَوْفَ أَسْتَغْفِرُ لَكُمْ رَبِّي

“Aku akan memohonkan ampunan bagimu kepada Tuhanku”. (QS. Yusuf: 98).

Wallahu a’lam bisshawab.

Sumber: Al-Ayat al-Kubra fi Syarh Qisshah al-Isra karya al-Imam al-Hafidh Jalal al-Din Abd. al-Rahman al-Suyuthi, w. 911 H, Damaskus: al-Maktabah al-‘Arabiyyah, 1350 H, hal. 39-40.

(KH. Bagus Ahmadi, PP. MIA Putra – Pacet – Moyoketen – Boyolangu – Tulungagung. Sabtu, 3 Februari 2024)

Framework Django dalam Web Development

0

Dalam dunia pengembangan web, Django adalah salah satu kerangka kerja yang populer dan powerful. Django ditulis dalam bahasa pemrograman Python dan mengikuti pola desain Model-View-Template (MVT). Dengan banyak fitur dan kemudahan penggunaan, Django telah digunakan oleh banyak pengembang untuk membangun aplikasi web yang kompleks dan skalabel.

Ada beberapa alasan khusus mengapa para developer tertarik untuk mengembangkan web dengan Django, di antaranya :

1. Efisiensi Waktu
Django dijuluki sebagai “web framework for perfectionists with deadlines” karena memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi web kompleks dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini dilandasi dengan alasan, Django menyediakan banyak komponen siap pakai yang bisa langsung digunakan.

2. Batteries Included
Django mengikuti filosofi “batteries included”. Artinya, Django datang dengan banyak fitur bawaan, seperti sistem otentikasi pengguna, sistem template, dan Object-Relational Mapping (ORM) yang membuat bekerja dengan database menjadi lebih mudah.

3. Keamanan
Django membantu pengembang menghindari banyak kesalahan keamanan umum dengan menyediakan sistem proteksi secara default terhadap serangan seperti Cross Site Scripting (XSS), Cross Site Request Forgery (CSRF), dan SQL Injection.

4. Skalabilitas
Django dirancang untuk bisa menangani aplikasi dengan tingkat trafik yang tinggi. Beberapa situs web terbesar di dunia, seperti Instagram dan Pinterest, dibangun menggunakan Django.

Untuk diketahui, Django bekerja dengan prinsip mengikuti pola desain Model-View-Template (MVT). Pola ini adalah varian dari pola Model-View-Controller (MVC) yang umum digunakan dalam pengembangan web.
a. Model mencakup bidang dan perilaku data yang akan disimpan dalam database.
b. View bertanggung jawab untuk mendefinisikan apa yang harus ditampilkan di halaman web.
c. Template adalah cara Django menghasilkan HTML dinamis dari view dan model.

Pranala Luar :
Django at w3schools
Django at tutorialspoint
Django at geeksforgeeks

FastAPI: Framework Python Pendatang Baru yang Cepat dan Mudah

0

K

etika berbicara tentang pembuatan aplikasi web dalam bahasa pemrograman Python, dua nama yang sering muncul adalah Flask dan Django. Namun, ada pemain baru yang sedang naik daun, dan namanya adalah FastAPI.

FastAPI adalah framework modern, cepat , berbasis standar Python 3.6, berbasis Starlette untuk bagian web, dan Pydantic untuk bagian data. FastAPI sangat cepat. Bahkan, menurut dokumentasinya, FastAPI lebih cepat daripada NodeJS dan hanya sedikit lebih lambat daripada Go.

FastAPI memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik untuk pengembangan aplikasi web, antara lain:

1. Kecepatan Tinggi: FastAPI sangat cepat. Hal ini karena FastAPI berjalan pada Starlette untuk penanganan web dan Pydantic untuk penanganan data. Kedua teknologi ini memungkinkan FastAPI untuk berjalan sangat cepat dan efisien.

2. Mudah Digunakan: FastAPI mengikuti pendekatan deklaratif untuk routing, yang berarti kita bisa mendefinisikan rute melalui fungsi dan decorator. Pendekatan ini membuat kode lebih mudah dibaca dan ditulis, serta memungkinkan FastAPI untuk secara otomatis membuat dokumentasi API untuk kita.

3. Validasi Data Otomatis: FastAPI menggunakan Pydantic untuk validasi data. Dalam prosesnya, kita dapat mendefinisikan model data sebagai kelas Python. FastAPI akan secara otomatis memvalidasi data input untuk memastikan bahwa data tersebut sesuai dengan model yang kita kehendaki. Hal ini sangat berguna untuk memastikan integritas data.

4. Dukungan Asynchronous: FastAPI mendukung pendekatan asynchronous, yang berarti kita dapat menggunakan Python async dan await di aplikasi FastAPI. Hal ini memungkinkan FastAPI untuk menangani banyak permintaan secara simultan.

5. Dukungan WebSocket: FastAPI mendukung komunikasi WebSocket yang memungkinkan komunikasi dua arah antara klien dan server. Dengannya, kita bisa dengan mudah mengembangkan aplikasi real-time semacam chat atau game online.

Secara garis besar, dapat disimpulkan, FastAPI adalah kerangka kerja yang menarik dengan banyak fitur kuat. Dengan kecepatan, kemudahan penggunaan, validasi data otomatis, dukungan asynchronous, dan WebSocket, FastAPI adalah pilihan yang sangat baik untuk proyek Python yang kita kerjakan.

Mencintai Fakir Miskin, Meraih Kunci Surga

0

O

rang-orang miskin (masakin) merupakan golongan orang yang sangat dicintai oleh Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Segala keterbatasan dan ketidakmampuan dalam hidup mereka membuat Baginda Nabi begitu memuliakan mereka. Bahkan, dengan rasa cinta beliau, sampai-sampai Rasulullah pun sangat menginginkan kehidupan yang dimiliki oleh para masakin. Sebagaimana dalam suatu hadist, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اللَّهُمَّ أَحْيِنِي مِسْكِينًا وَأَمِتْنِي مِسْكِينًا وَاحْشُرْنِي فِي زُمْرَةِ الْمَسَاكِينِ يَوْمَ القِيَامَةِ

“Ya Allah hidupkanlah aku sebagai seorang miskin, matikanlah aku sebagai seorang miskin, dan giringlah aku pada hari kiamat bersama kelompoknya orang-orang miskin”. (HR. At – Tirmidzi: 2352)

Kita pun, sebagai umat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam diajarkan untuk mencintai fuqoro dan masakin. Dalam kitab Lubabul Hadist disebutkan :

حُبُّ الْفُقَرَاءِ مِنْ أَخْلَاقِ الْأَنْبِيَاءِ وَبُغْضُ الْفُقَرَاءِ مِنْ أَخْلَاقِ الْفَرَاعِنَةِ

“Mencintai orang-orang fakir adalah akhlak para nabi, dan membenci orang-orang fakir adalah akhlaq para fir’aun”

Lebih lanjut, Baginda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

لِكُلِّ شَيْءٍ مِفْتَاحٌ وَمِفْتَاحُ الْجَنَّةِ حُبُّ الْمَسَاكِيْنِ وَالْفُقَرَاءِ لِصَبْرِهِمْ هُمْ جُلَسَاءُ اللهِ تَعَالٰى يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Setiap sesuatu memiliki kunci, dan kunci surga adalah mencintai orang-orang miskin dan orang-orang fakir karena kesabaran mereka, mereka adalah orang-orang yang duduk bersama Allah yang Maha Luhur pada hari kiamat”

Dalam kondisi bagaimanapun keadaan kita, baik kaya atau tidak, semoga kita senantiasa diberikan pertolongan untuk mencintai faqir miskin karena itu adalah kunci masuk surga dan bahkan itu termasuk akhlak Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Recent Posts