P
emrograman berorientasi obyek atau Object Oriented Programming (OOP) adalah paradigma pemrograman yang berfokus pada pengorganisasian dan struktur data menggunakan objek yang memiliki atribut (field) dan perilaku (method). Dalam OOP, “Class” dan “Object” merupakan dua konsep utama yang digunakan untuk menciptakan struktur program yang modular dan mudah dimengerti.
Class adalah blueprint atau cetak biru dari objek. Class mendefinisikan atribut dan perilaku yang akan dimiliki oleh objek yang nantinya akan dihasilkan dari class tersebut. Atribut dalam class disebut sebagai field, dan perilaku disebut sebagai method. Deklarasi class dilakukan dengan menggunakan kata kunci class diikuti oleh nama class dan blok kode yang berisikan field dan method. Class menyediakan struktur umum yang nantinya akan digunakan untuk membuat objek.
Deklarasi Class dalam C#
Dalam C#, deklarasi class dimulai dengan kata kunci class diikuti oleh nama class. Sebagai contoh, jika kita ingin membuat class untuk merepresentasikan seorang siswa, kita dapat membuat class bernama “Siswa”. Berikut adalah contoh deklarasi class sederhana dalam C#:
public class Siswa
{
// Field atau atribut
public string Nama;
public int Umur;
// Method
public void Perkenalan()
{
Console.WriteLine("Halo, nama saya {Nama} dan saya berusia {Umur} tahun.");
}
}
Pada contoh di atas, class “Siswa” memiliki dua field yaitu “Nama” dan “Umur”, serta satu method yaitu “Perkenalan”. Field merepresentasikan data yang dimiliki oleh objek, sedangkan method merepresentasikan perilaku objek.
Pembuatan Object C#
Setelah mendeklarasikan class, langkah selanjutnya adalah membuat objek dari class tersebut. Proses menciptakan objek dari class disebut sebagai inisiasi objek. Dalam C#, objek dapat diinisiasi menggunakan kata kunci new diikuti oleh nama class dan tanda kurung. Setelah objek terbentuk, field dalam objek dapat diakses dan diubah nilainya, dan method dapat dipanggil.
public class Siswa
{
// Field atau atribut
public string Nama;
public int Umur;
// Method
public void Perkenalan()
{
Console.WriteLine("Halo, nama saya {Nama} dan saya berusia {Umur} tahun.");
}
static void Main()
{
// Membuat objek dari class Siswa
Siswa siswa1 = new Siswa();
// Menginisiasi nilai field
siswa1.Nama = "Ananda";
siswa1.Umur = 16;
// Memanggil method
siswa1.Perkenalan();
}
}
Pada contoh di atas, kita membuat objek siswa1 dari class Siswa, menginisiasi nilai field Nama dan Umur, dan memanggil method Perkenalan. Dengan menggunakan class dan objek, program dapat diorganisir dengan lebih terstruktur dan mudah dipahami. Konsep ini merupakan inti dari pemrograman berorientasi obyek dalam C#.
Contoh 1 source code tentang Class dan Object sebagai bahan belajar dan latihan :
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
namespace _2024_01_08
{ //SOURCE CODE 0046
class Buah
{
//field
string warnaBuah01 = "merah";
string warnaBuah02 = "hijau";
string warnaBuah03 = "kuning";
static void tampilIdentitas() {
Console.WriteLine("===========================");
Console.WriteLine(" Aplikasiku, oleh : Elfay ");
Console.WriteLine("===========================");
}
static void Main(string[] args)
{
tampilIdentitas();
Buah manggis = new Buah();
Console.WriteLine(manggis.warnaBuah01);
Console.WriteLine(manggis.warnaBuah02);
Console.WriteLine(manggis.warnaBuah03);
Buah pisang = new Buah();
Console.WriteLine(pisang.warnaBuah01);
Console.WriteLine(pisang.warnaBuah02);
Console.WriteLine(pisang.warnaBuah03);
Console.ReadKey();
}
}
}
Contoh 2 source code tentang Class dan Object :
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
namespace _2024_01_08_S02
{ //SOURCE CODE 0047
class Pesawat
{
string warna;
double kecepatan;
string senjata;
static void identityDev() {
Console.WriteLine("======================");
Console.WriteLine("Aplikasi, Oleh : Elfay");
Console.WriteLine("======================");
}
static void versiAplikasi() {
Console.WriteLine("Versi 0.0001");
Console.WriteLine("----------------------");
}
static void Main(string[] args)
{
identityDev();
versiAplikasi();
Pesawat raptor = new Pesawat();
Pesawat typhoon = new Pesawat();
raptor.warna = "Metalik";
raptor.kecepatan = 500;
raptor.senjata = "Peluru Kendali";
typhoon.warna = "Black";
typhoon.kecepatan = 550;
typhoon.senjata = "Misil Ultrasonik";
Console.WriteLine(raptor.warna);
Console.WriteLine(raptor.kecepatan);
Console.WriteLine(raptor.senjata);
Console.WriteLine();
Console.WriteLine(typhoon.warna);
Console.WriteLine(typhoon.kecepatan);
Console.WriteLine(typhoon.senjata);
Console.ReadKey();
}
}
}
Contoh 3 source code tentang Class dan Object :
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
namespace _2024_01_08_S03
{
//SOURCE CODE 0048
class Barang
{
string nama;
string merk;
string jenis;
double netto;
string kadaluarsa;
static void devIdentity() {
Console.WriteLine("-----------------------------");
Console.WriteLine(" APP, Oleh : Elfay ");
Console.WriteLine("-----------------------------");
}
static void Main(string[] args)
{
Barang bumbu = new Barang();
Barang penyedapRasa = new Barang();
Barang beras = new Barang();
bumbu.nama = "Kemiri";
bumbu.merk = "Desaku";
bumbu.jenis = "Serbuk";
bumbu.netto = 0.5;
bumbu.kadaluarsa = "8 Agustus 2024";
penyedapRasa.nama = "MSG";
penyedapRasa.merk = "Sasa";
penyedapRasa.jenis = "Serbuk";
penyedapRasa.netto = 0.25;
penyedapRasa.kadaluarsa = "12 November 2024";
beras.nama = "Super";
beras.merk = "Mangga";
beras.jenis = "Pack";
beras.netto = 100000;
beras.kadaluarsa = "10 Desember 2026";
devIdentity();
Console.WriteLine("Bumbu : ");
Console.WriteLine("Nama : " + bumbu.nama);
Console.WriteLine("Merk : " + bumbu.merk);
Console.WriteLine("Jenis : " + bumbu.jenis);
Console.WriteLine("Netto : " + bumbu.netto);
Console.WriteLine("Expired : " + bumbu.kadaluarsa);
Console.WriteLine("------------------------");
Console.WriteLine("Penyedap Rasa : ");
Console.WriteLine("Nama : " + penyedapRasa.nama);
Console.WriteLine("Merk : " + penyedapRasa.merk);
Console.WriteLine("Jenis : " + penyedapRasa.jenis);
Console.WriteLine("Netto : " + penyedapRasa.netto);
Console.WriteLine("Expired : " + penyedapRasa.kadaluarsa);
Console.WriteLine("------------------------");
Console.WriteLine("Beras : ");
Console.WriteLine("Nama : " + beras.nama);
Console.WriteLine("Merk : " + beras.merk);
Console.WriteLine("Jenis : " + beras.jenis);
Console.WriteLine("Netto : " + beras.netto);
Console.WriteLine("Expired : " + beras.kadaluarsa);
Console.ReadKey();
}
}
}


















