Method merupakan sebuah blok kode yang hanya berjalan ketika ia dipanggil. Kita bisa melakukan passing data, yang dikenal sebagai parameter, ke dalam sebuah method.
Method digunakan untuk mengimplementasikan action tertentu dan dikenal juga dengan istilah fungsi. Lalu, mengapa kita menggunakan method ? Keuntungan utamanya adalah reuse code. Jadi, kita bisa membuat kode sekali tapi dapat digunakan secara berkali-kali.
Membuat dan Memanggil Method
Sebuah method didefinisikan dengan nama-method, diikuti tanda kurung (). Secara default, C# menyediakan beberapa method yang telah ditentukan, seperti fungsi Main().
class Program
{
static void Methodku()
{
// kode yang akan dieksekusi
}
}
Untuk memanggil sebuah method, kita cukup menuliskan nama method diikuti dengan tanda () dan semicolon (;).
static void Methodku()
{
Console.WriteLine("Semangat");
}
static void Main(string[] args)
{
Methodku(); //memanggil Methodku
}
Parameter dan Argumen
Kita dapat meneruskan informasi ke method sebagai parameter. Di dalam method, parameter ini bertindak sebagai variabel.
static void Methodku(string namanya)
{
Console.WriteLine(namanya + " Wikrama");
}
static void Main(string[] args)
{
Methodku("Ardian");
Methodku("Cantika");
Methodku("Gilang Anja");
}
Pada contoh kasus di atas, method bernama Methodku memiliki parameter bertipe string dengan nama “namanya”. Dalam fungsi Main(), Methodku dipanggil dengan menyertakan parameternya. Parameter yang diteruskan pada method dinamakan “Argument”. Jadi, “namanya” adalah parameter, sedangkan “Ardian”, “Cantika”, dan “Gilang Wijaya” adalah argumen.
Contoh source code untuk belajar Method :
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
namespace _2024_01_02_
{
//SOURCE CODE 0043
class Program
{
//Method judulApp dengan parameter 'pembuat'
static void judulApp(string pembuat) {
Console.WriteLine("=============================");
Console.WriteLine(" APLIKLASIKU ");
Console.WriteLine(" Oleh : " + pembuat );
Console.WriteLine("=============================");
}
static void hitunganPP(int aa, int bb) {
int panjang;
int lebar;
int luasPP;
panjang = aa;
lebar = bb;
luasPP = panjang * lebar;
Console.WriteLine("Luas Persegi Panjang dengan P : " + panjang + " dan L : " + lebar + " adalah " + luasPP);
}
static void identitasku(string nm, string kota){
Console.WriteLine("Namaku : " + nm);
Console.WriteLine("Alamat : " + kota + " City");
}
static void segitiga(double ab, double cb)
{
double alas = ab;
double tinggi= cb;
double luasSegitiga;
luasSegitiga = 0.5 * alas * tinggi;
Console.WriteLine("Luas segitiga dengan alas = " + alas + " dan tinggi = " + tinggi + " adalah " + luasSegitiga);
}
static void Main(string[] args) //Method Main
{
judulApp("ELFAY");
identitasku("Elfay", "Surabaya");
hitunganPP(45,16);
segitiga(14,18);
Console.ReadKey();
}
}
}
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
namespace _2024_01_02_002
{ //SOURCE CODE 0044
// untuk SOURCE CODE 0045, SC 0044 ini ditambah dengan fungsi pengurangan dan pembagian
class Program
{
static void identitas() {
Console.WriteLine("=============================================");
Console.WriteLine(" Belajar Method ");
Console.WriteLine(" Oleh : Elfay ");
Console.WriteLine("=============================================");
}
static int penambahan(int aa, int bb) {
int angka1 = aa;
int angka2 = bb;
int hasilTambah = angka1 + angka2;
return hasilTambah;
}
static int perkalian(int cc, int dd) {
int angSatu = cc;
int angDua = dd;
int hasiKali = angSatu * angDua;
return hasiKali;
}
static void Main(string[] args)
{
int number1;
int number2;
number1 = penambahan(100, 250);
number2 = perkalian(18, 26);
//Console.WriteLine(number1);
//Console.WriteLine(number2);
identitas();
Console.WriteLine();
Console.WriteLine("Hasil penjumlahan angka 100 dan 250 adalah " + number1);
Console.WriteLine("Hasil penjumlahan angka 18 dan 26 adalah " + number2);
Console.ReadKey();
}
}
}


















